Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bakal menggelar Festival Teluk Mamuju dan Festival Pulau Karampuang untuk meramaikan hari ulang tahun (HUT) ke 20 Sulbar.

"Perayaan HUT Sulbar akan dimeriahkan sejumlah kegiatan yang akan dikemas meriah, agar masyarakat merasakan perayaan HUT Sulbar," kata pejabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, selain perayaan Festival Teluk Mamuju dan Pulau Karampuang yang akan mempromosikan kekayaan wisata pesisir pantai dan alam laut Mamuju, dan juga akan digelar Festival Sandeq Race atau Festival Perahu Tradisional Sulbar di Teluk Mamuju.

Kemudian juga akan digelar perlombaan menembak yang dilaksanakan Perbakin Mamuju, serta digelar pesta rakyat yang diikuti pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) mempromosikan produknya di anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

Gubernur menyampaikan, perayaan HUT Sulbar tahun ini mengambil tema
"Sulbar Malaqbi, Maju dan Berkelanjutan dalam ekosistem ekonomi hijau dan biru 2045 yang inklusif,".

Sehingga juga akan dilaksanakan penanaman mangrove disepanjang pesisir Sulbar selama sepekan agar lingkungan perairan Sulbar tetap lestari dan terjaga dari kerusakan.

"Rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Sulbar, akan dilaksanakan pada 16 -22 September 2024 yang merupakan puncak perayaan HUT Sulbar," katanya.

Ia mengatakan, HUT Sulbar akan dijadikan kesempatan bagi Pemprov Sulbar untuk menjadi promosi wisata dan budaya agar semakin dikenal luas diseluruh wilayah Indonesia.

"Sulbar akan didorong menjadi daerah wisata untuk membangun ekonomi daerah, karena Sulbar telah menjadi daerah penyangga ibukota negara (IKN) di pulau Kalimantan," katanya.

Ia berharap masyarakat mendukung suksesnya HUT dengan berpartisipasi memeriahkan perayaannya karena memang diperuntukkan untuk seluruh masyarakat Sulbar. 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024