Makassar (ANTARA) - Pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Agama Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah memantapkan kesiapan peserta MTQ Nasional 2024 di Samarinda Kalimantan Timur.

"Jelang MTQ Nasional, diminta seluruh official memaksimalkan dukungan, sehingga dapat mempersembahkan yang terbaik bagi Sulsel," kata Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Sulsel H. Mulyadi Iskandar di Makassar, Senin.

Ia mengatakan pihaknya akan mempersiapkan diri lebih awal mengenai hal-hal teknis terkait pendampingan peserta, baik pada saat pemberangkatan, maupun selama pelaksanaan lomba hingga kembali ke Makassar.

Khusus official akan diberangkatkan dalam dua penerbangan, yaitu gelombang pertama pada tanggal 6 September bersama peserta,  dan pada tanggal 7 September 2024.

Adapun penginapan selama di Samarinda, sebut Mulyadi, kafilah Sulsel akan ditempatkan di tiga hotel berbeda mengingat sulitnya mendapatkan hotel yang dapat menampung seluruh kafilah yang berjumlah 113 orang.

Sementara itu, Ketua Tim Pengembangan Seni Budaya Islam, Musabaqah Al-Qur'an dan Hadist, H. Wahyadi yang mendampingi Kabid Penaiszawa  mengungkapkan bahwa pada MTQ ke-30 tahun 2024, Sulsel berkekuatan 113 kafilah, dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang, Pelatih 8 orang, Official Pemprov dan Kemenag 51 orang.

"Peserta mulai karantina dan TC (training center) tanggal 27 Agustus sampai 6 September di Hotel Sultan Alaudin Makassar. Pelepasan kafilah 5 September 2024, pendaftaran peserta tanggal 6 dan malam ta'aruf tanggal 7," urai Wahyadi.

Pada rapat ini juga terkonfirmasi bahwa Kakanwil Kemenag Sulsel HM. Tonang akan menghadiri acara pembukaan yang akan dilaksanakan pada hari Minggu malam 8 September 2024 di Stadion Segiri Samarinda.


Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024