Makassar (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan 742 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2024, dari 20.772 formasi yang disiapkan oleh Kemenag.

"Sejak 1 hingga 14 September 2024 pemerintah telah membuka penerimaan CPNS, dan kuota untuk Kemenag Sulsel sebanyak 742 pada 2024," kata Ketua Tim Kepegawaian Kanwil Kemenag Sulsel H Sofyan Ahmad di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, secara umum pemerintah membuka pendaftaran CPNS sebanyak 250.402 formasi. Dari jumlah tersebut Kemenag mendapatkan kuota 20.772 formasi, sedang dari kota tersebut Sulsel memperoleh kuota 742 formasi CPNS.

“Dari formasi untuk Kemenag Sulsel sebanyak 742 orang, 735 untuk pelamar umum dan tujuh orang disabilitas,” kata Sofyan.

Dia menjelaskan, penting juga untuk memberikan ruang bagi penyandang disabilitas, hal ini sesuai dengan Undang-Undang ketenagakerjaan dan Deklarasi Hak Asasi Manusia (HAM) yang universal.

Sementara dari formasi yang disiapkan Kemenag Sulsel tahun 2024, diakui masih didominasi formasi profesi guru dan penyuluh agama.

Agar tidak salah pilih formasi, Sofyan meminta kepada calon pendaftar untuk memilih formasi sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.

"Silakan mendaftar sesuai kualifikasi pendidikan yang dimiliki, dengan membuat akun melalui laman https://sscasn.bkn.go.id ," katanya.

Berikut jumlah formasi dan jabatan untuk seleksi CPNS Kemenag Sulawesi Selatan tahun 2024, di antaranya Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama lima orang, Analis Sumber Daya Aparatur Ahli Pertama satu orang, Guru Akidah Akhlaq Ahli Pertama empat orang, Guru Al Quran, Hadis ahli pertama satu orang.

Sementara untuk formasi Guru Antropologi Ahli Pertama satu orang, Guru Bahasa Arab Ahli Pertama sembilan orang, Guru Bahasa Indonesia Ahli Pertama 12 orang, Guru Bahasa Inggris Ahli Pertama sembilan orang dan satu orang disabilitas, Guru Bimbingan Konseling Ahli Pertama 71 orang dan tiga disabilitas.

Kemudian Guru Biologi Ahli Pertama dua orang, Guru Ekonomi Ahli Pertama dua orang, Guru Fiqih Ahli Pertama, satu orang Guru Fisika Ahli Untuk penerimaan CPNS Kemenag Sulsel tahun 2024 ini.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024