Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima hasil tes atau pemeriksaan kesehatan dua bakal pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel dari tim kesehatan PCC RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar.

"Terkait hasil pemeriksaan kesehatan, kalau pada jadwal itu diserahkan satu hari setelah pemeriksaan atau mengikut jadwal dalam tahapan, itu yang diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1229 terkait proses pendaftaran," kata Ketua KPU Sulsel Hasbullah di kantor KPU setempat, Senin.

Ia menjelaskan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada 30 Agustus 2024, sehari setelah pendaftaran bakal pasangan calon. Selanjutnya, proses pemeriksaan masih dilanjutkan pada hari kedua karena masih bagian dari pada jadwal tahapan, sehingga hasil pemeriksaan itu diserahkan hari ini tidak ada masalah.

Menurutnya, penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut lebih cepat diterima KPU Sulsel, selanjutnya dilakukan verifikasi administrasi berkaitan dengan syarat calon mulai 2-4 September 2024.

"Ini sudah hari ketiga kami lakukan pemeriksaan, didampingi teman-teman Bawaslu. Berkas per berkas kami cermati bersama Bawaslu, terakhir nanti sampai tanggal empat. Jadi masih ada dua hari untuk melakukan pencermatan administrasi," katanya kepada wartawan.

Tahapan selanjutnya, pada 5-6 September 2024 akan disampaikan pemberitahuan hasil verifikasi administrasi kepada bakal pasangan calon mulai syarat berkas pencalonan dukungan parpol, termasuk pemeriksaan kesehatan agar dilengkapi.

"Kita memberikan informasi pemberitahuan kepada calon, tapi kalau tidak ada masalah hasil pemeriksaan kesehatannya kita umumkan nanti tanggal 13-14 September," tutur Hasbullah.

Untuk tahapan berikutnya, pada 15-18 September 2024 KPU Sulsel membuka dan menunggu tanggapan masyarakat berkaitan dengan latar belakang, informasi apa pun berkaitan bakal pasangan calon melalui Helpdesk KPU Sulsel atau mendatangi kantor KPU dengan melampirkan surat resmi.

Kemudian, dilanjutkan tahapan klarifikasi tanggapan masyarakat 15-22 September 2024, dan tanggal 22 September dilakukan pengumuman penetapan pasangan calon.

Perwakilan tim pemeriksa kesehatan dokter Asvin Nurulita selaku Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Wahidin Sudirohusodo menyampaikan, proses pemeriksaan berjalan sesuai dengan jadwal dan seluruh hasil pemeriksaan telah diserahkan ke KPU Sulsel.

"Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar seperti yang sampaikan, kita menyerahkan hasil dari empat orang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel ke KPU.

"Item pemeriksaan yang dilakukan cukup banyak, tapi ada 18 metode pemeriksaan dengan jumlah dokter spesialis dan seluruh tim medis sekitar 40-50 orang, termasuk dengan pemeriksaan narkoba yang dilakukan BNNP yang masuk dalam tim pemeriksaan dari RS Wahidin," katanya

Saat ditanyakan dari empat orang bakal calon gubernur dan wakil gubernur tersebut hasil pemeriksaan narkotika dari Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi apakah ada yang positif, kata dia enggan menjawab dan hasilnya sudah diserahkan kepada KPU.

"Hasilnya (tes narkoba), kami sudah serahkan ke KPU, nanti dari KPU yang menyampaikan," tuturnya singkat.

Sebelumnya, KPU Sulsel telah menerima pendaftaran dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, masing-masing Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad dan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi Masse. Kedua pasangan ini sudah mendaftar dan menjalani pemeriksaan kesehatan.
 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024