Makassar (ANTARA Sulsel) - Empat pelari andalan Sulawesi Selatan diturunkan mengikuti Kejuaraan Nasional (kejurnas) Atletik Piala Panglima TNI XIII di Stadion Atletik Padjajaran Bandung, 11-13 Juni 2014.

Pelatih Atletik Sulsel Abdul Kadir, di Makassar, Rabu, mengatakan empat atlet tersebut yakni Lismawati Illang (800 meter putri), Yusri (800 meter putra), Sardianto (800 dan 1.500 meter) serta Herdiyanto yang akan turun di nomor 5.000 dan 10.000 meter putra.

"Khusus tiga nama terakhir yang merupakan anggota TNI, akan memperkuat kesatuan masing-masing. Adapun Lismawati Illang yang juga penghuni pelatnas tetap akan tampil membawa nama Sulsel di Piala Panglima 2014," jelasnya.

Mengenai peluang keempat atlet di kejuaraan tersebut, pihaknya mengaku cukup optimistis. Apalagi atlet tersebut sebagian diantaranya merupakan atlet program "Sulsel Maju II" yang diproyeksikan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016.

Khusus Lismawati, kata dia, tetap menjadi andalan untuk meraih hasil terbaik. Pengalaman dan prestasinya sejak 2013 menjadi modal berharga untuk lebih termotivasi pada ajang tahunan tersebut.

Pada 2013, Lismawati berhasil merebut dua medali emas pada Kejuaraan Nasional atletik senior di Gelanggang Olahraga (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur.

Untuk emas pertama direbut dinomor 1.500 meter dengan catatan waktu terbaik 4 menit 42 detik. Sedangkan emas kedua diraih setelah finish tercepat pada nomor 800 meter putri dengan catatan waktu 2 menit, 15.32 detik.

"Kami tentu cukup yakin dengan kualitas Lismawati. Jika tidak memiliki potensi maka tentu tidak akan mendapat panggilan menghuni pelatnas untuk proyeksi SEA Games 2015," katanya.

Pelatih Sulsel lainnya yakni Daniel Lius, berharap seluruh atlet Sulsel bisa meraih hasil terbaik. Kejurnas ini juga menjadi ajang uji coba untuk melihat sejauh mana perkembangan kemampuan atlet.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan pihaknya akan terus memantau prestasi atlet di pelatnas sebelum mengumumkan hasil seleksi Sulsel Maju II.

KONI Sulsel juga berharap seluruh atlet yang tampil bisa membuktikan kualitasnya. Apalagi cabang atletik memang menjadi salah satu cabang olahraga yang diharapkan memberikan prestasi bagi Sulsel di PON XIX Jabar 2016.

Terkait persaingan di Kejurnas Piala Panglima TNI 2014, dirinya mengakui akan lebih ketat. Apalagi kejuaraan ini juga melibatkan para atlet pelatnas dari berbagai daerah. Kondisi itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh atlet Sulsel. A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024