Mamuju (ANTARA) - Ratusan personel TNI di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) apel gelar pasukan dalam rangka memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 RI Sulbar.

Kepala Staf Korem 142 Taroada Tarogau (Tatag) Kabupaten Mamuju, Letkol Infanteri Andik Siswanto, SIP, MI Pol, di Mamuju, Selasa, mengatakan ratusan pasukan TNI apel pasukan di lapangan Markas Kodim Mamuju dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada agar berjalan aman dan lancar.

Ia mengatakan pasukan TNI melaksanakan apel dilengkapi dengan berbagai materi termasuk kendaraan roda empat dan roda dua, daypack, serta handy talky HT untuk komunikasi di area blind spot.

Menurut dia, personel TNI akan bekerja menjaga menjaga stabilitas keamanan selama seluruh proses tahapan Pilkada berlangsung.

"Netralitas TNI dalam Pilkada adalah harga mati, menjaga stabilitas keamanan menjelang, selama, dan sesudah pelaksanaan Pilkada serentak adalah prioritas utama," ujarnya.

Menurut dia, tahapan Pilkada Sulbar saat ini sudah berjalan, dan dalam waktu dekat ini segera akan memasuki tahap penetapan nomor urut calon.

Oleh karena itu, diperlukan peran aktif seluruh personel untuk menjaga ketertiban dan keamanan agar setiap tahapan berjalan lancar.

Ia menyampaikan, TNI tidak hanya akan menjamin proses demokrasi pilkada berjalan lancar, tetapi juga memastikan setiap warga dapat menyampaikan hak pilihnya dengan aman dan nyaman serta juga akan memastikan seluruh lingkungan yang ada di Sulbar tetap dalam kondisi kondusif.

"TNI komitmen dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak yang aman, tertib, dan lancar, serta menjaga netralitas sebagai penjaga keamanan negara," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024