Makassar (ANTARA Sulsel) - Pelari Pelatnas asal Sulawesi Selatan Lismawati Illang, berhasil merebut medali emas pada Kejuaraan Nasional (kejurnas) Atletik Piala Panglima TNI XIII di Stadion Atletik Padjajaran Bandung, Kamis.

Pelatih Atletik Sulsel Abdul Kadir di Makassar, mengatakan medali emas Lismawati diraih melalui nomor spesialisasinya yakni lari 800 meter putri setelah mengungguli pesaing terdekatnya dari NTT dan Jateng yang meraih peringkat kedua dan ketiga.

Keberhasilan ini, kata Kadir, semakin membuktikan bahwa Lismawati memang layak menghuni pelatnas yang akan diproyeksikan tampil di SEA Games Singapura, 2015.

"Kami tentu bersyukur dengan prestasi ini. Kami juga berharap keberhasilan ini semakin menjaga peluang Lisma untuk masuk tim utama SEA Games 2015," katanya.

Prestasi atlet yang bergabung dalam program "Sulsel Maju II" itu, kata dia, juga semakin memperpanjang raihan prestasinya. Pada 2013, Lismawati merebut dua medali emas pada Kejuaraan Nasional atletik senior di Gelanggang Olahraga (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur.

Untuk emas pertama di Kejurnas 2013 itu direbut dinomor 1.500 meter dengan catatan waktu terbaik 4 menit 42 detik. Sedangkan emas kedua diraih setelah finish tercepat pada nomor 800 meter putri dengan catatan waktu 2 menit, 15.32 detik.

Selain Lismawati, Sulsel juga masih berharap hasil serupa bisa dipersembahkan tiga atletnya yang merupakan anggota TNI yakni Yusri (800 meter putra), Sardianto (800 dan 1.500 meter) serta Herdiyanto yang akan turun di nomor 5.000 dan 10.000 meter putra.

Tiga atlet Sulsel ini memperkuat kesatua masing-masing pada kejuaraan yang digelar setiap tahun tersebut.

"Saya belum dapat kabar dari tiga atlet yang lain. Namun dilihat dari potensi tentu kita tetap berharap ada sumbangan medali dari ketiganya," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir mengatakan pihaknya akan terus memantau prestasi atlet di pelatnas sebelum mengumumkan hasil seleksi Sulsel Maju II.

KONI Sulsel juga berharap seluruh atlet yang tampil bisa membuktikan kualitasnya. Apalagi cabang atletik memang menjadi salah satu cabang olahraga yang diharapkan memberikan prestasi bagi Sulsel di PON XIX Jabar 2016.

"Lismawati memang menjadi salah satu andalan Sulsel di PON Jabar 2016. Saya kira dengan apa yang diraih sejauh ini akan membuat dirinya semakin termotivasi untuk terus berjuang dan memberikan hasil terbaik," ujarnya. Rolex Malaha

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024