Makassar (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama Kedutaan Inggris untuk Indonesia membahas pengembangan perekonomian Sulsel, khususnya sektor pertanian dan pertambangan.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman mengapresiasi Pemerintah Inggris terhadap respons yang ditunjukkan dalam pengembangan ekonomi Sulsel usai bertemu dengan Direktur Pembangunan Kedutaan Inggris Amanda McLoughlin di Makassar, Rabu (4/9).
 
"Pihak Pemerintah Inggris mempertanyakan potensi di Sulsel. Saya sudah jelaskan potensi nikel dan potensi tambang," kata Jufri Rahman.
 
Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sulsel akan membuka lebar peluang investasi bagi para investor dari Inggris untuk berinvestasi di Sulsel.
 
Menurut Jufri Rahman, selain potensi daerah, kepedulian Pemerintah Inggris terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Sulsel juga cukup besar. Bahkan, Pemerintah Inggris akan mendatangkan salah satu menterinya ke Sulsel untuk melanjutkan pembicaraan terkait kemungkinan kerja sama yang akan dibangun dengan Pemprov Sulsel.
 
Tidak sampai di situ, kata Jufri, pengembangan ekonomi masyarakat juga menjadi atensi pihak Pemerintah Inggris untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal, khususnya yang bermukim di sekitar tambang.
 
Amanda memberi saran kepada kita bagaimana pelibatan masyarakat lokal di sekitar kawasan tambang secara aktif oleh para penambang atau perusahaan tambang gar mereduksi kemiskinan.
 
Menurut Jufri Rahman, atas saran Pemerintah Inggris tersebut dengan pelibatan masyarakat secara aktif di perusahaan tambang, maka menghindari terjadinya riak-riak antara perusahaan dengan masyarakat lokal di sekitarnya.
 
Amanda McLoughlin mengemukakan bahwa Sulsel harus bisa memainkan peran sebagai provinsi yang menjadi pintu gerbang kawasan Indonesia Timur.
 
"Kami juga membicarakan terkait sektor pertanian, sektor komoditas dan bagaimana komunitas internasional seperti Inggris bisa bekerja sama dan mendukung Sulawesi Selatan dalam pembangunan ekonomi," ujarnya didampingi Faye Belnis Juru Bicara UK Embassy.
 
Pertemuan itu, lanjut Amanda, juga membicarakan mengenai bagaimana komunitas lokal di Sulsel bisa membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
 
Terkait dengan peluang kerjasama, Amanda menjelaskan, pihaknya akan sangat senang bekerja sama dalam pembangunan ekonomi masyarakat.

Terlebih lagi, di Sulsel ada perusahaan tambang seperti PT Vale yang telah menjalankan aktivitas bisnisnya dengan baik dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Sulsel.
 
Amanda juga menambahkan dalam beberapa minggu ke depan UK Embassy akan mendatangkan Menteri Pembangunan Inggris yang baru Annaliese Dodds ke Sulsel untuk melihat dan mempelajari sektor pembangunan ekonomi berkelanjutan dan bagaimana Inggris bisa membantu di sektor ini.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024