Makassar (ANTARA) - Klinik Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sulawesi Selatan meluncurkan fitur Telemedicine, Customer Care, dan Pet Education (Telepet) pada website Sistem Informasi Klinik Hewan (SIMASKLIK) di Makassar, Kamis.

Kepala DPKH Sulsel Nurlina Saking di Makassar, Kamis, mengatakan kehadiran tiga fitur baru tersebut memungkinkan layanan kesehatan hewan secara daring dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan hewan di Sulsel.

Ia menjelaskan, setiap fitur dirancang secara khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemilik hewan peliharaan. Pemilik hewan kini bisa mendapatkan konsultasi medis untuk hewan kesayangan mereka tanpa harus datang langsung ke klinik dengan memanfaatkan layanan konsultasi yang ditawarkan pada fitur telemedicine.

"Selain itu, fitur Customer Care siap memberikan solusi cepat untuk pengaduan pelayanan, adapun fitur Pet Education sebagai konten informasi penting kesehatan hewan,” jelasnya.

Untuk memperkenalkan layanan ini kepada masyarakat, klinik hewan memberikan pelayanan gratis pada 5-6 September 2024. Semua layanan ini dapat dinikmati mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WITA.

Untuk hari ini, sebanyak 15 hewan peliharaan telah menerima layanan gratis yang disediakan. Layanan tersebut meliputi pengobatan, vaksinasi rabies, pemberian vitamin, dan pemeriksaan USG.

Nurlina menambahkan, layanan ini sesuai dengan instruksi Penjabat Gubernur Zudan Arif Fakrulloh untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat. Khususnya melalui digitalisasi agar semuanya bisa serba cepat dan mudah.

Sementara Kepala UPT Balai Kesehatan Hewan Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Klinik Hewan DPKH Sulsel Sahrini Rauf menambahkan, peluncuran Telepet merupakan inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan hewan yang lebih mudah dan cepat diakses oleh masyarakat.

"Dengan Telepet, kami berharap dapat memperluas jangkauan layanan, sehingga pemilik hewan di Sulawesi Selatan dapat memberikan perawatan yang lebih baik tanpa terbatas oleh jarak dan waktu,” ujarnya.

Melalui Telepet, diharapkan kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan dapat terjaga dengan lebih baik, sementara pemiliknya mendapatkan dukungan dan informasi yang diperlukan untuk perawatan sehari-hari.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024