Vladivostok, Rusia (ANTARA) - Rusia akan mendukung calon presiden Amerika Serikat Kamala Harris, seperti yang direkomendasikan oleh Presiden AS Joe Biden, kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis.

"Saya nyatakan presiden saat ini, Biden, adalah favorit kami. Dia (Biden) dicoret dari nominasi, tapi dia merekomendasikan agar semua pendukung mendukung Harris," kata Putin. 

“Jadi kami akan melakukan hal yang sama – kami akan mendukung dia (Harris),” kata presiden Rusia, berbicara di Forum Ekonomi Timur (EEF) di Vladivostok.

Putin menyadari bahwa Rusia bukanlah pihak yang berhak menentukan calon favorit pemilu presiden AS.

“Mengenai siapa yang difavoritkan, bukan kami yang memutuskan,” kata Putin.

Putin menambahkan, presiden baru AS akan dipilih oleh rakyat Amerika sendiri.

Ia menyebutkan mantan Presiden AS Donald Trump telah menjatuhkan sejumlah besar sanksi terhadap Rusia. Putin berharap Harris tidak mengikuti jejak Trump.

“Trump telah menerapkan begitu banyak pembatasan dan sanksi terhadap Rusia, yang belum pernah diterapkan oleh presiden lain sebelumnya. Dan jika Harris baik-baik saja, mungkin dia akan menahan diri dari tindakan semacam ini,” kata Putin. Trump telah menerapkan begitu banyak pembatasan dan sanksi terhadap Rusia, yang belum pernah diterapkan oleh presiden lain sebelumnya. Dan jika Harris baik-baik saja, mungkin dia akan menahan diri dari tindakan semacam ini,” kata Putin.

Sumber: Sputnik-OANA OANA
 

Pewarta : M Razi Rahman
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024