Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa Dewan Pendidikan berperan penting dalam menciptakan generasi unggul dan mempersiapkan calon pemimpin di masa depan.

"Saya menaruh harapan besar kepada Forum Dewan Pendidikan Indonesia untuk membangun pendidikan yang lebih berkualitas dan unggul. Ini menjadi tantangan kita bersama," ujarnya saat menutup Rakornas III Dewan Pendidikan di Makassar, Jumat.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto menyampaikan bahwa Forum Dewan Pendidikan adalah forum yang sangat strategis karena pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting dari sebuah negara. 

Maju tidaknya suatu negara dapat dilihat dari sistem pendidikan yang dijalankan karena pemimpin-pemimpin lahir dari tempaan pendidikan yang berkualitas.

"Saya kira ini adalah sebuah forum yang sangat strategis. Pendidikan adalah segalanya karena pendidikan menentukan kualitas sebuah bangsa dan negara,” katanya.

Danny Pomanto menyampaikan Forum Dewan Pendidikan harus mengambil peran dan langkah strategis dalam mengatasi disparitas pendidikan di Indonesia agar masyarakat dapat menikmati pendidikan yang berkualitas. 

Diharapkan Forum Dewan Pendidikan Indonesia dapat menjadi holding ataupun wadah untuk menampung harapan-harapan pendidikan nasional yang lebih baik ke depan. 

“Termasuk kurikulum yang justru membuat orang menjadi seperti robot, tapi sesungguhnya yang diciptakan adalah anak-anak Indonesia yang unggul, hidup secara berpikir, hidup secara kehidupan, dan hidup secara keilmuan,” tuturnya. 

Ia juga menyatakan bahwa pendidikan bukan hanya bergantung pada sebuah kurikulum, akan tetapi pendidikan itu adalah pendidikan sejarah, yaitu pendidikan dari masa lalu yang punya banyak nilai. 

Danny Pomanto mencontohkan ingredients atau bahan-bahan dari sebuah masakan merupakan sebuah ilmu yang luar biasa. 

"Pendidikan adalah ilmu, dan sekolah salah satu wadah atau tempat untuk menimba ilmu. Sehingga keberadaan dari forum pendidikan menjadi sangat strategis," ujarnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024