Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pinrang, Sulawesi Selatan menetapkan nomor urut tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pinrang yang berkontestasi di Pilkada Serentak 2024.

Ketua KPU Pinrang Muh. Ali Jodding melalui keterangannya diterima di Makassar, Senin, menjelaskan bahwa pengundian dan penetapan nomor urut ini adalah salah satu tahap kunci dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati adalah tahapan dan juga sebagai simbol para paslon tersebut pada saat kampanye dan pemungutan suara," ujarnya.

Hasilnya, paslon Ahmad Jaya Baramuli-Abdillah Natsir (Jadi) mendapat nomor urut 1, paslon A.Irwan Hamid-Sudirman Bungi (Beriman) mendapat nomor urut 2 dan paslon Usman Marham-Andi Hastri Wello (UM di Hati) mendapat nomor urut 3.

Ali Jodding menyatakan bahwa proses pencabutan nomor berjalan lancar sesuai aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Alhamdulillah, tahap pencabutan nomor berjalan lancar sesuai aturan yang ada dan selanjutnya telah kita tetapkan nomornya masing-masing usai mencabut nomor urut sendiri," katanya.

Ketua KPU Pinrang tersebut mengaku jika setelah tahap pencabutan nomor urut, tahapan selanjutnya adalah kampanye yang akan dimulai pada Rabu 25 September 2024.

"Kita juga sudah deklarasi pilkada damai, besok tinggal pengaturan jadwal dan lokasi tempat untuk kampanye karena Insya Allah tanggal 25 nanti sudah masuk tahapan kampanye," terangnya.

Sebelumnya, KPU Pinrang telah menetapkan tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung memperebutkan dukungan masyarakat Kabupaten Pinrang.

“Ini adalah salah satu tahapan penting yang menandai kesiapan kita untuk menuju Pilkada serentak tahun 2024. Kami telah menetapkan tiga pasangan calon yang akan berlaga dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang, A. Calo Kerrang, dalam penyampaiannya mengungkapkan harapan agar seluruh tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. Ia menekankan pentingnya menjaga suasana damai selama proses pemilihan, agar pesta demokrasi ini berlangsung sukses dan aman.

“Kami berharap setiap tahapan dan proses Pemilihan Kepala Daerah dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan kondusif. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga agar suasana tetap aman dan damai,” kata A. Calo Kerrang.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif sebelumnya, di mana Kabupaten Pinrang mencatatkan tingkat partisipasi yang tinggi serta berjalan dengan aman dan kondusif. Ia berharap kesuksesan serupa dapat terulang dalam Pilkada 2024.

“Pada Pemilu Presiden dan Legislatif beberapa waktu lalu, Pinrang menjadi salah satu daerah dengan tingkat partisipasi yang tinggi dan penyelenggaraan yang aman. Saya berharap kita bisa kembali meraih kesuksesan serupa dalam Pilkada kali ini,” terang dia.

Dengan tahapan yang berjalan lancar dan pengundian nomor urut yang sukses, diharapkan Pilkada 2024 di Kabupaten Pinrang dapat menjadi ajang demokrasi yang aman, tertib, dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa Kabupaten Pinrang menuju kemajuan yang lebih baik.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024