Makassar (ANTARA Sulsel) - Prof Dr Musakkir SH MH yang adalah sekretaris umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sulawesi Selatan, dilantik menjadi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Kamis.

Prof Musakkir dilantik bersama tiga orang lainnya yakni Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Ir Junaedi Muhidong MSc, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Keuangan dan Sumber Daya Prof Dr Muhammad Ali SE MS, serta Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerja sama Prof dr Budu PhD SpM (K) M Med Ed.

"Ini merupakan sebuah penghargaan sekaligus menjadi tanggung jawab besar bagi saya," jelasnya di sela-sela acara pelantikan dan serah terima jabatan Wakil Rektor Unhas 2014-2018 di Ruang Senat Rektorat Unhas Makassar.

Pada pelantikan tersebut, Prof Musakkir yang menjadi wakil Rektor III menggantikan Nasaruddin, juga mendapat bunga ucapan selamat dari Ketua PB Gojukai Jan Darmadi dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Andi Darussalam Tabusalla (ADS).

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina, yang melakukan pelantikan secara resmi mengatakan penentuan empat nama termasuk Prof Musakkir bukan perkara mudah. Dirinya terlebih dahulu melalui sejumlah tahap termasuk pengajuan nama untuk dibahas dalam rapat Senat 30 Juni 2014.

Menurut dia, Unhas memiliki puluhan orang terbaik namun hanya empat nama yang akhirnya ditetapkan sebagai wakil Rektor. Sulitnya menentukan empat nama itupun yang membuatnya baru melaksanakan pelantikan sejak pelantikan rektor dua bulan yang lalu.

Dalam menentukan wakilnya untuk periode 2014-2018, kata dia, dirinya mengambil sejumlah pertimbangan baik secara logis, objektif dan realistis. Selain itu ada pula pertimbangan spiritual demi kepentingan dan kemajuan Kampus Merah (Unhas) ke depan.

Pada kesempatan itu pula, dirinya juga menegaskan bahwa pengambilan keputusan ini bukan berdasarkan unsur kedekatan, pertemanan hingga prinsip suka atau tidak suka. Hal itu diambil hanya semata-mata agar kinerja organisasi semakin meningkat dan berkembang cepat.

Empat orang wakil rektor yang telah dilantik dan disumpah, diharapkan bisa menjalankan fungsinya dengan penuh tanggung jawa. Apalagi sebelum pelantikan, para wakil rektor itu juga menandatangani fakta integritas untuk menjaga nama baik kampus.

"Pemimpin itu harus memiliki jiwa spiritual sehingga masalah yang lain bisa mengikuti. Saya tentu berharap terjadi sinergi dengan para wakil sehingga apa yang kita lakukan bisa lebih maksimal demi kemajuan Unhas ke depan," ujarnya. T Susilo

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024