Makassar (ANTARA Sulsel)- PT. Astra Agro Lestari menghadirkan tokoh pers nasional Agus Sudibyo dalam buka puasa bersama sejumlah unsur pimpinan media di Kota Makassar.

"Kami mengajak Bapak Agus Sudibyo dalam Safari Ramadhan ini untuk memberikan materi karena menurut kami memang ada kebutuhan untuk membangun sebuah sistem pers yang beradab," kata Humas PT. Astra Agro Lestari Tofan Mahdi di Makassar, Sabtu.

Menurut Tofan agenda buka puasa ini merupakan agenda rutin tahunan dari Head Office PT. Astra Agro Lestari yang dilaksanakan di delapan provinsi, diantaranya Aceh, Riau, Jambi, termasuk di Sulawesi Selatan.

"Buka puasa bersama ini dimaksudkan untuk mempererat tali silatuhrahmi antara PT. Astra Agro Lestari dengan media di Sulawesi khususnya di Kota Makassar yang telah terjalin selama ini," jelas Tofan.

Tofan juga mengatakan bahwa dukungan media di Sulawesi selama ini telah membantu membangun persepsi yang lebih baik tentang sawit.

"Di Sulawesi persepsi masyarakat tentang perkebunan kelapa sawit cukup positif, dan ini tidak terlepas dari dukungan media dalam membantu meluruskan persepsi mengenai kelapa sawit," urai Tofan.

Dalam acara ini Agus Sudibyo memaparkan hal-hal vital dalam praktek jurnalistik yang dewasa ini sering diabaikan oleh jurnalis.

"Ada dua hal yang paling penting dalam praktek jurnalistik yaitu klarifikasi atau konfirmasi dan independensi jurnalis," kata Agus.

Agus menjelaskan bahwa klarifikasi adalah hal yang wajib dilakukan khususnya pada berita-berita yang mengandung tuduhan atau sangkaan yang berpotensi merugikan pihak lain.

"Klarifikasi itu wajib, jangan sampai memberitakan lebih dulu, lalu klarifikasi kemudian, karena ada kerusakan yang terlanjur terjadi ketika berita tidak diklarifikasi," tegas Agus. M. Taufik

   

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024