Makassar (ANTARA Sulsel) - Toko meubel di sejumlah titik di Kota Makassar mulai banjir pesanan dan pembeli dalam menghadapi hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Pesanan kursi tamu dan meja makan untuk dikirim ke daerah itu meningkat 50 persen dari kondisi normal," kata salah seorang pedagang meubel Hardiyanto di Jalan Andalas, Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, dalam kondisi normal biasanya hanya menerima 30 - 50 orderan meja tamu dan meja makan per hari, namun dalam pekan pertama Ramadhan orderannya sudah naik 50 persen dan diprediksi sepekan menjelang lebaran akan naik menjadi 100 persen.

Sementara pembeli yang datang langsung ke toko untuk membeli meubel seperti meja tamu, meja makan, lemari dan tempat tidur diakui Hardiyanto juga mengalami peningkatan sekitar 40 persen dibanding kondisi normal.

Hal senada dikemukakan pengelola Toko Selekta di Makassar Marcelius.

Dia mengatakan, pembeli mulai banyak sejak awal Ramadhan dan biasanya akan meningkat sepekan menjelang lebaran.

"Biasanya jenis meubel yang banyak diminati adalah meja tamu dan lemari, kalaupun ada yang membeli tempat tidur itu hanya beberapa saja," katanya.

Hal itu diakui salah seorang pembeli di Jalan Andalas, Makassar Hj Nuraeni.

Dia mengatakan, lebaran masih identik dengan hal-hal yang baru, sehingga jika ada kelonggaran keuangan, ibu rumah tangga seperti dirinya akan membeli perabotan rumah tangga.

"Itupun hanya disesuaikan dengan kondisi, karena kursi dan meja tamu sudah lama dan mulai rusak sebagian, jadi diganti yang baru saja," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024