Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar siap memfasilitasi kegiatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan menyelenggarakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) pada 25 dan 26 Oktober 2024.

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis di Makassar, Senin, mengatakan Pemkot Makassar siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan Bulan Inklusi Keuangan OJK yang rencananya akan mengambil tempat di tugu MNEK.

"Pada prinsipnya kami siap dukung kegiatan ini. Apalagi melibatkan masyarakat dan banyak menghadirkan kebaikan," ujarnya.

Andi Arwin Azis mengatakan kegiatan yang rencananya akan digelar di Tugu Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) Kawasan CPI itu sangat tepat, apalagi lokasi tersebut sudah sering menjadi tempat kegiatan luar ruangan (outdoor) yang banyak diminati penyelenggara kegiatan.

Dia menyatakan Pemkot Makassar menyambut baik acara tersebut karena berkontribusi terhadap pembinaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Makassar.

Apalagi, event itu direncanakan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM yang membina 2.000 UMKM di inkubatornya. Para pelaku UMKM inkubator dipastikan akan dilibatkan dalam kegiatan industri keuangan tersebut.

"Ini sangat baik apalagi melibatkan banyak industri keuangan sehingga para UMKM pun nantinya mendapat fasilitas keuangan dari bank," katanya.

Acara itu, lanjut dia, diharapkan makin menggerakkan ekonomi masyarakat. Terutama bidang kuliner, jasa, seni, kerajinan dan lainnya.

"Tentunya diharapkan juga UMKM kita dapat menembus pasar ritel modern, naik kelas, ke nasional maupun internasional," ucapnya.

Dari situ, sebut dia, UMKM juga mampu bersaing secara produk, kualitas pengemasan dan sebagainya.

Kepala OJK Sulselbar, Darwisman mengatakan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan digelar tiap tahun yang mana menghadirkan UMKM binaan.

OJK, kata dia, memang memfokuskan diri untuk bertumbuh dengan UMKM sehingga kegiatan ini dilaksanakan.

Sebelumnya, kata dia, ada pula kegiatan literasi keuangan kepada masyarakat. Nantinya, akan hadiah 250 industri keuangan di bawah naungan OJK dari berbagai sektor.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemkot Makassar karena sudah difasilitasi lokasi di Tugu MNEK.

Lokasi itu, jelas dia, sangat penting melihat posisinya strategis dan mobilisasi yang mudah.

Timnya sendiri menargetkan sekira ribuan pengunjung yang bakal memadati Tugu MNEK dalam dua hari.

"Kami berterima kasih kepada Pemkot Makassar. Target kami dua hari itu mencapai 10 ribu kunjungan bahkan lebih," ujarnya.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024