Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan pengembangan hilirisasi dan digitalisasi menjadi kunci membawa ekonomi Indonesia masuk ke dalam jajaran tiga negara adikuasa (superpower) ekonomi di kawasan Asia.

Presiden Jokowi saat membuka acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa dunia kini telah memasuki abad Asia, dengan pergeseran kekuatan ekonomi dari barat menuju timur.

"Sekarang, telah masuk ke abad Asia, pergeseran dari barat menuju Asia growth, pertumbuhan ekonomi juga bergerak ke Asia. Diprediksi di Asia nanti ada tiga kekuatan ekonomi baru, superpower ekonomi tiga negara yang diperkirakan, India, China, dan Indonesia," katanya.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya Indonesia dalam peta ekonomi global di masa depan dengan memperkuat posisi dan daya saing di tingkat internasional di tengah tantangan global, di antaranya pelambatan ekonomi.

"Perlambatan ekonomi global yang diperkirakan masih di angka 2,7-2,8 persen, rata-rata. Patut kita syukuri Indonesia masih tumbuh di atas 5 persen," katanya.

Selain itu, kata Jokowi, pelambatan ekonomi global juga turut dipengaruhi tensi geopolitik perang Ukraina-Rusia, Israel-Palestina, Israel-Libanon, serta Israel-Iran.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga menyinggung dampak perubahan iklim yang perlu antisipasi dengan meningkatkan produktivitas Incremental Capital-Output Ratio/ICOR) demi mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang kini bergerak stabil di atas 5 persen pada kuartal kedua 2024 dengan pertumbuhan 5,08 persen.

Ia juga menyampaikan keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan inflasi di kisaran 2-3 persen, yang dianggap sebagai modal penting bagi ekonomi.

Jokowi menyampaikan keyakinan konsumen yang tetap optimis, tercermin dari angka 124,4, serta peningkatan spending index yang signifikan dari 143,8 di kuartal ketiga 2023 menjadi 234,8 di kuartal ketiga 2024.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan harapannya untuk meningkatkan GDP per kapita, yang saat ini mencapai 5.060 dolar AS setahun, menjadi di atas 7.000 dolar setahun dalam 5 tahun ke depan dan di atas 9.000 dolar setahun dalam 10 tahun ke depan.

Ia menekankan bahwa menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen atau mencapai target 8 persen, sebagaimana disampaikan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto, adalah langkah kunci untuk membawa Indonesia menjadi negara maju.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya digitalisasi, terutama kebutuhan mendesak akan data center dan data analytic, terutama di sektor perbankan untuk mendukung kemajuan ekonomi nasional.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: Hilirisasi dan digitalisasi kunci RI menuju negara adikuasa

Pewarta : Andi Firdaus
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024