Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar berhasil meraih penghargaan lima terbaik inovasi kelompok berkelanjutan yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penghargaan diberikan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas dan diterima oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Nirman Mungkasa, di Jakarta, Selasa.

"Ini merupakan penghargaan terhadap inovasi berkelanjutan yang telah dilakukan dan berbuah hasil yang maksimal," ujarnya.

Nirman Mungkasa mengatakan awalnya inovasi Labinov Beken telah mendapat penghargaan top 45 di Sinovik tahun 2018-2019.

Selanjutnya Labinov berubah menjadi Inkubator Inovasi. Tahun ini, kata dia, pihaknya juga mengembangkan podcast "Carima Sertsan" sebagai kelanjutan inovasi labinov.

Nirman menyampaikan harapan agar inovasi-inovasi lain yang sudah berjalan akan terus berkelanjutan seperti Labinov itu, sehingga dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat Makassar.

Selain Makassar, adapun kota lainnya yang juga mendapatkan inovasi yakni Pemkot Madiun, Pemkot Magelang, Pemkot Mojokerto, dan Pemkot Padang.

Pada kegiatan yang diselenggarakan Kemenpan-RB itu, mengusung tema “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif.”

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pentingnya sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah untuk memastikan reformasi birokrasi memberikan dampak nyata kepada masyarakat.

"Bagaimana kita ini mewujudkan reformasi birokrasi berdampak sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran pemerintah,” ucap Anas
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024