Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan 6.857.088 lembar surat suara Pilkada serentak untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024.

"Jumlah tersebut ditentukan setelah ditetapkan daftar pemilih tetap atau DPT ditambah 2,5 persen surat suara cadangan pada setiap tempat pemungutan suara atau TPS berjumlah 14.548 unit di Sulsel," ujar Anggota KPU Sulsel Marzuki Kadir saat dikonfirmasi, Jumat.

Untuk pencetakan surat suara tersebut, kata dia, di percetakan PT Antar Surya Jaya di Jalan Rangkut Industri III nomor 60-70, Rangkut, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur sebagai pemenang tender.

Pihaknya bersama Bawaslu Sulsel maupun perwakilan dari kepolisian dan kejaksaan telah mendatangi percetakan tersebut guna memastikan kualitas bahan, mesin cetak dan proses pencetakan surat suara tersebut termasuk memeriksa spesimen atau contoh hasil cetakannya.

Setelah memastikan surat suara tidak menemui kendala, selanjutnya akan di cetak dengan estimasi produksi dimulai pada 14 Oktober 2024. Dari penjelasan proses pencetakan surat suara di estimasikan tiga hari selanjutnya di proses cutting atau pemotongan dan proses pengepakan.

"Estimasi pengiriman setelah diproses di percetakan sekitar tanggal 22 Oktober 2024 dan untuk estimasi surat suara tiba di Makassar diperkirakan tanggal 4 November 2024," katanya.

Koordinator Divisi Logistik KPU Sulsel ini menuturkan, pengangkutan logistik surat suara tersebut akan dikirim ke Makassar melalui transportasi kapal laut. Pihaknya berharap, proses pengiriman berjalan lancar tanpa kendala.

Sebelumnya, KPU Provinsi Sulsel telah menetapkan nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur. Untuk pasangan calon nomor 1 yakni Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad dan pasangan nomor urut 2 Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi Masse.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024