Makassar (ANTARA Sulsel) - Manajemen PT Pelni Wilayah Makassar menyiapkan 13 unit armada untuk menghadapi arus mudik Lebaran.

"Untuk menghadapi arus mudik nanti, manajemen PT Pelni wilayah Makassar menyiapkan sebanyak 13 unit kapal untuk mengangkut penumpang yang akan mudik," kata Manager Usaha PT Pelni Makassar Adluwiyanto di Makassar, Minggu.

Menurut dia, tahun ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang telah disiapkan sebanyak 13 unit kapal Pelni dengan jumlah pergerakan sebanyak 17 kali.

Dia mengatakan jumlah armada untuk transportasi laut itu mulai disiagakan pada H-15 hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Pengangkutan penumpang dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar dapat terangkut semuanya ke rute-rute pengangkutan daerah barat yakni tujuan Pulau Jawa dan daerah timur meliputi Bau Bau, Ambon hingga Papua," katanya.

Sementara, daerah utara meliputi Pare Pare, Balikpapan, Tarakan, dan Nunukan dan daerah selatan meliputi Bima, Labuan Bajo dan NTT.

Adapun kapal yang dioperasikan itu diantaranya KM Ngapulu, KM Kerinci, KM Labobar, KM Lambelu, KM Leuser, KM Sinabung, M Sirimau, KM Tidar, KM Tatamailau, KM Tilongkabila, KM Umsini dan KM Wilis dengan kapasitas kapal dari 500 penumpang, 1.000 penumpang, 2.000 penumpang serta 3.000 penumpang.

"Khusus arus mudik tahun ini, peningkatan penumpang diprediksi naik 15 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak yang mencapai 150 ribu penumpang," kata Adluwiyanto. Masduki Attamami

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024