Makassar (ANTARA) -
Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) turut mewarnai Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-355 Provinsi Sulawesi Selatan dan Hari Pangan Sedunia Ke-44.
 
"Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka stabilisasi pasokan harga pangan," ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidrap Ibrahim dalam keterangannya  di Makassar, Selasa (15/10).
 
Berbagai kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau disediakan seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur, bawang merah dan putih, cabai merah dan rawit, daging ayam.
 
Adapun harga komoditas  beras SPHP Rp58.000/5kg, gula pasir Rp14.500/kg, telur ayam Rp48.000/kg, MinyaKita Rp15.000/kg. Kemudian cabai merah Rp10.000/kg dan cabai rawit Rp15.000/kg.
 
Guna menyukseskan kegiatan ini, kata Ibrahim, pihaknya juga turut berkolaborasi Bulog, CV Harapan Baru Farm, Laskar Pelangi, serta Alfamidi dan Alfamart.
 
Ibrahim melaporkan DTPHPKP juga saat ini menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk memanfaatkan pekarangan sekolah khususnya di tingkat SD dan SMP untuk pengembangan komoditas tertentu seperti cabai merah dan cabai rawit.
 
"Selain memanfaatkan lahan perkebunan untuk mendapatkan pangan, kita juga manfaatkan pekarangan sekolah untuk komoditas seperti cabai merah dan rawit," kata Ibrahim.
 
Kegiatan Gerakan Pangan Murah serentak ini dibuka langsung Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Andi Muhammad Arsjad dan diikuti seluruh kabupaten/kota secara daring.
 
Kegiatan GPM ini turut dihadiri Kadis Peternakan dan Perikanan Suharya Anggriani, Pimca Bulog Sidrap Simon Melkisedek Lakapu, Kabag Perekonomian Rimba, Camat Maritengngae Andi Surya Praja Hadiningrat, Kabid Pembibitan dan kesehatan hewan Muhammad Haris Alimin, dan Kabid Tanaman Pangan Arief Gunawan Sukardin.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024