Makassar (ANTARA Sulsel) - Universitas Muhammadiyah Makassar menyiapkan 5.000 kuota untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2014.

"Unismuh dengan kuota itu diharapkan lebih proporsional dengan jumlah ruang kelas yang disiapkan dengan jumlah dosen yang tersedia," kata Kepala UPT Penerimaan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) Dahlan Lama Bawa, S.Ag, M.Ag di Makassar, Kamis.

Dia mengakui, tahun ini Maba yang akan diterima Unismuh cukup terbatas dari tujuh Fakultas dan 24 program studi.

"Kuota yang akan diterima hanya 5.000 orang dan penetapan kuota ini berdasarkan permintaan dari fakultas dan jurusan dengan pertimbangan rasio dosen serta sarana proses pembelajaran," katanya.

Sebagai gambaran, kuota untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kuotanya hanya 2.170 orang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1.500 orang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Agama Islam masing-masing 1.000 orang, begitu pula dengan Fakultas Pertanian dan Teknik masing-masing 600 orang. Sedangkan Fakultas Kedokteran 50 orang.

Dahlan menjelaskan bahwa kuota tersebut akan diseleksi dengan menggunakan "sistem one day service" dengan mengedepankan kualitas input. Proses seleksi sudah dimulai sejak bulan Mei lalu dan sampai saat ini.

Beberapa Jurusan yang telah terisi 50 persen yaitu Jurusan Pendidikan Guru SD, Pendidikan Kedokteran, Akuntansi dan Pendidikan Agama Islam.

Menurut Dahlan, batas akhir untuk pendaftaran hingga 14 Agustus 2014 dan akan dilanjutkan dengan Pesantren Maba pada tanggal 25-27 Agustus untuk Gelombang Pertama dan 28-30 Agustus untuk gelombang kedua," Ungkap Dahlan.

Selanjutnya, Unismuh dengan menggunakan sistem one day service melayani pendaftaran, seleksi dan pengumuman setiap hari sampai kuota terpenuhi dan cukup sukses dengan sistem ini. FC Kuen

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024