Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul di semua kecamatan di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

"Ada 17 kecamatan di Kabupaten Mamasa. Perolehan suara capres nomor urut dua menang telak di semua kecamatan," kata Ketua KPU Mamasa Suriani T Dellumaja di Mamuju, Jumat.

Menurutnya, pasangan Jokowi-JK berhasil mendulang 61.279 suara dan pasangan Prabowo-Hatta hanya mendapat dukungan 19.710 suara.

Secara umum kata dia, pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 berjalan baik, lancar, aman dan kondusif.

"Proses tahapan hingga rapat pleno penetapan perolehan suara Pilpres berjalan aman. Ini menunjukkan masyarakat kita semakin dewasa menyikapi hasil pesta demokrasi," tuturnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Mamuju Hudri Ali menyesalkan perolehan suara Prabowo-Hatta Radjasa di wilayah Mamasa, jauh dari yang diharapkan.

"Saya tidak mencampuri urusan di Mamasa. Hanya saja, perolehan suara tidak berbanding lurus dengan hasil di Pileg," katanya.

Hudri mengatakan Mamasa menjadi lumbung suara Gerinda dengan sukses mengunci dua kader lolos ke DPRD Sulbar.

Tapi yang terjadi kata dia, capres nomor urut satu hanya bisa mendulang 19.710 suara.

"Kekalahan kami di Sulbar karena mesin partai koalisi tidak berjalan sehingga suara dukungan untuk Prabowo-Hatta melenceng dari target," kata Hudri. N Juliastuti

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024