Makassar (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan terus mendorong peningkatan kualitas pengelolaan kearsipan dan dokumentasi untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas-tugas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Irpan melalui keterangan resmi yang diterima di Makassar, Selasa, mengatakan salah satu tugas hal penting dalam mendukung tugas-tugas Bawaslu adalah kualitas pengelolaan kearsipan yang akan menjadi bahan dokumentasi dari Bawaslu tersebut.

"Pemahaman yang lebih akan pentingnya pengelolaan dokumen serta membangun komunikasi dan publikasi yang efektif dalam mendukung tugas pengawasan akan membantu kerja-kerja pengawasan," ujarnya.

Irpan menyampaikan bahwa dengan memahami cara mengelola dokumen secara sistematis, diharapkan jajaran pengawas dapat menyimpan informasi penting dengan baik dan rapi.

Ia menyatakan jika dokumentasi dan arsip akan sangat membantu dalam proses pelaporan berjenjang dan juga memudahkan dalam mencari data yang dibutuhkan.

"Kenapa mendokumentasikan dan menyimpan arsip dengan rapi penting, karena jika suatu saat ada permasalahan yang terjadi pada proses pemilihan kepala daerah, maka akan memudahkan proses selanjutnya," katanya.

Selain itu, Irpan menekankan pentingnya kehumasan dalam membangun hubungan yang baik antara jajaran pengawas dan masyarakat. 

"Informasi  yang terbuka dan transparan, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami peran jajaran Bawaslu dalam mengawasi jalannya tahapan pemilihan dan masyarakat juga dapat berperan aktif membantu dalam menciptakan pemilihan yang adil dan berkualitas," terangnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024