Makassar (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat melaksanakan  Penguatan Peran dan Fungsi Intelijen dalam Pengawasan Orang Asing dan Penegakan Hukum untuk meningkatkan kompetensi dan kapastias sumber daya manusia (SDM) dalam melaksanakan kegiatan Intelijen Keimigrasian.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini tidak hanya selesai di saat ini, ke depannya dalam pelaksanaan kegiatan intelijen keimigrasian, kita bisa menggandeng teman-teman dari Kejaksaan, di luar kegiatan Operasi Gabungan yang memang sudah rutin dilakukan,” kata Kepala Kantor Imigrasi Polewali Mandar Adithia P Barus saat membuka acara  yang dihadiri perwakilan pegawai Kantor Imigrasi Polewali Mandar di Aula Yusuf Adiwinata Kantor Imigrasi Polewali Mandar, Rabu (23/10).

Dalam pelaksanaannya, Kantor Imigrasi Polman bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Polewali Mandar yang menghadirkan dua orang narasumber untuk berbagi dan berdiskusi pengetahuan dan pengalaman utamanya mengenai peran dan fungsi Intelijen.
  Kepala Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, Jendra Firdaus (tiga kanan) salam komando dengan Kepala Kantor Imigrasi Polewali Mandar Adithia P Barus (tiga kiri) pada Penguatan Peran dan Fungsi Intelijen dalam Pengawasan Orang Asing dan Penegakan Hukum di Aula Yusuf Adiwinata Kantor Imigrasi Polewali Mandar, Rabu (23/10/2024). ANTARA/HO-Imigrasi Polman
Kepala Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, Jendra Firdaus juga bertindak sebagai pembawa materi memaparkan Peran dan Fungsi Intelijen dalam Pengawasan Orang Asing, manyatakan bahwa kegiatan Intelijen itu adalah seni.

“Intelijen bukan hanya tugas dari Seksi Intelijen, semua orang harus bisa menjadi mata dan telinga bagi organisasinya,” terang Jendra.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, M Farid membawakan materi bertema Pengolahan dan Pengamanan Produk Intelijen.

Farid dalam paparannya menyampaikan bahwa kebanyakan penyajian produk intelijen yang dilaporkan kepada pimpinan hanya dalam bentuk data dan informasi, belum sampai pada tingkat hasil Analisa dan Wisdom (Kebijakan).(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024