Makassar (ANTARA Sulsel) - Tiga pembalap asal Sulawesi Selatan mewakili Indonesia tampil di ajang Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship di Sirkuit Suzuka, Jepang, Agustus 2014.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi IMI Sulsel Adifar Hakim, di Makassar, Selasa, mengatakan ketiga atlet Sulsel tersebut yakni Iswandi Muis, Gilang dan Willy Hammar. Iswandi Muis dan Gilang akan saling bergantian melakukan uji ketahanan motor CBR600RR. Adapun Willy akan bersatus pebalap ketiga untuk mendukung dua pembalap utama.

"Ketiga pebalap rencananya akan berangkat Agustus 2014. Mereka akan memperkuat tim AHM Indonesia. Kami tentu berharap ketiganya khususnya Iswandi Muis kembali mampu mengharumkan Indonesia di Jepang," katanya.

Pemanggilan Iswandi Muis untuk mengikuti ajang tersebut memang bukan hal yang baru. Peraih perak PON 2012 itu bahkan sudah mengharumkan nama Indonesia pada kejuaraan yang sama 2013. Saat itu, Iswandi yang berpasangan dengan Dimas Ekky Pratama sukses menduduki podium pertama.

Kedua pebalap sukses menjadi yang terbaik setelah berhasil menyelesaikan 96 lap dengan waktu tempuh 4:01`27.165 dan sekaligus berhasil membukukan Best Lap dengan rekor waktu 2`19.428.

"Iswandi yang memiliki pengalaman dan prestasi di ajang itu tentu memiliki motivasi lebih untuk kembali meraih hasil maksimal. untuk atlet lainnya juga memiliki potensi. Willy juga sejak beberapa tahun sudah berlatih di Pulau Jawa," jelasnya.

Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship merupakan salah satu ajang bergengsi balap ketahanan selama 4 jam yang diikuti pembalap-pembalap berbagai negara.

Pada pelaksanaan 2013, ajang ini diikuti oleh 68 tim dengan 138 pembalap. Dengan uji balap ketahanan selama 4 jam, pembalap saling menguji kompetensi, mental dan fisik untuk menjadi yang terbaik untuk tampil diajang lebih tinggi yakni Suzuka 8 Hours FIM Endurance World Championship.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan keterlibatan para pebalap Sulsel akan membuat kemampuannya semakin meningkat. Hal itu merupakan sesuatu yang positif khususnya jelang menghadapi babak kualifikasi Pekan olahraga Nasional (PON) 2015.

Pihaknya juga berharap Sulsel bisa meloloskan lebih banyak atlet ke PON sehingga semakin membuka peluang untuk meraih prestasi maksimal di PN XIX Jabar 2016.

"Iswandi Muis dan Herman Bas memamg masih menjadi andalan Sulsel di PON 2016. Kami juga berharap ada nama baru yang bisa muncul dan memberikan prestasi di PON," ujarnya. M Yusuf

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024