Makassar (ANTARA Sulsel) - Konselor Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Prancis Emmanuelle Boulestreau menyatakan ketertarikannya untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar di bidang teknologi dan infrastruktur.

"Makassar ini salah satu kota yang ramah dan nyaman dan sesuai dengan visi misinya menuju kota dunia, maka kita akan membantu untuk mewujudkannya," ujar Emmanuelle saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di ruangannya, Rabu.

Ia mengatakan, kota Makassar selama satu dekade ini terus berkembang dan pencapaian dalam pertumbuhan ekonomi yang melampaui angka rata-rata nasional menunjukkan jika kota ini akan terus bertumbuh.

Dengan potensi pertumbuhan kota yang semakin tinggi itu, dirinya optimistis jika pihaknya akan meraih kesuksesan dalam kerjasama antara Kedutaan Besar Prancis dengan Pemkot Makassar.

"Kota ini sangat dinamis dan terus berkembang. Kita yakin, kita akan sukses dalam kerjasama ini," katanya.

Selain kerjasama dibidang teknologi dan infrastruktur yang sekarang ini lagi dijajaki, kerjasama di bidang transportasi juga adalah yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto mangatakan, kedatangan Kedubes Perancis merupakan angin segar bagi peningkatan investasi di Kota Makassar.

Semakin banyak investasi yang masuk akan menguntungkan pendapatan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran. Ini juga yang menjadi salah satu tujuan kami saat maju di pilkada lalu," ujar dia.

Dia mengaku jika kerjasama ini berlanjut ketahap selanjutnya, pihaknya lebih memilih menempatkan Pemkot sebatas pengawasan kerjasama dan memberikan ruang kepada perusahaan lokal untuk langsung bermitra dengan pihak Prancis.

"Ini menyangkut uang banyak, terlalu ribet dan rawan kalau kita yang ikut kelola. Jadi lebih baik pemerintah hanya mengawasi saja dan memberikan jalan kepada perusahan lokal untuk bermitra langsung kepada perusahaan besar di Prancis untuk membangun infrastruktur disini," ungkapnya.

Danny menilai jika Prancis merupakan salah satu negara yang sangat maju dibidang infrastruktur dan transportasi. Danny mengaku menawarkan kerjasama dibidang transportasi, properti, tambang dan kelautan.

"Tadi saya sudah tawarkan beberapa bentuk investasi yang baik di Makassar, salah satunya adalah pembangunan jalan tol yang sudah semakin mendesak," jelasnya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024