Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan akan menggelar seleksi atlet yang akan memperkuat Sulsel di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Senior di Jakarta, 18-21 Agustus 2014, seusai lebaran.

Sekretaris Umum PASI Sulsel Addien, di Makassar, Rabu, mengatakan hanya atlet yang memiliki memenuhi catatan waktu yang dipersyaratkan yang akan diakomodir tampil di Kejurnas.

Pihaknya juga bersikap lebih tegas dalam proses seleksi tersebut.

"Kami sengaja merencanakan seleksi setelah lebaran agar tidak ada keluhan dari atlet karena berpuasa. Kami telah pastikan tidak akan mengakomodir atlet yang gagal meraih catatan waktu yang telah ditentukan," katanya.

Untuk proses seleksi nanti, kata dia, akan digelar secara terbatas. Pengprov PASI Sulsel hanya akan memanggil atlet yang selama ini secara rutin memperkuat Sulsel disejumlah kejuaraan. Hal itu dilakukan berdasarkan pengalaman bahwa atlet tersebut memang masih yang terbaik.

Atlet yang akan diseleksi memang merupakan andalan Sulsel dan sudah dan baru akan bergabung dalam program pembinaan "Sulsel Maju I" proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016.

"Kita biasanya tetap memanggil sejumlah atlet daerah yang dinilai berpotensi. Namun setelah dipertemukan dengan atlet yang sudah lama ternyata masih sulit. Makanya untuk Kejurnas Senior ini memang kita fokuskan bagi atlet pengalaman," jelasnya.

Pelatih Atletik Sulsel Abdul Kadir, mengatakan telah mempersiapkan 10 atlet terbaiknya yakni Lismawati Illang, Sri Ummi, Yusril dan Ayu Ariandani, Ardiansyah, Herlianto, Juanda Wira Wardhana, Sardianto, Supiana, dan Asnida Aras.

Menurut dia, 10 atlet yang tengah fokus mematangkan kemampuan ini merupakan atlet terbaik Sulsel. Mereka juga sudah tampil dan berhasil mempersembahkan prestasi bagi Sulsel diajang nasional. Keputusan memprioritaskan para atlet tersebut demi menjaga peluang Sulsel di Kejurnas 2014.

Mengenai kepastian 10 atlet untuk tampil memperkuat Sulsel, dirinya mengaku belum bisa memastikan. Sebagai pelatih hanya bertugas untuk bagaimana meningkatkan dan memaksimalkan kemampuan atet sebelum berlaga di Kejurnas.

"Kami memang berencana tetap memdaftarkan seluruh atlet. Soal siapa saja yang nanti berangkat, kita serahkan ke Pengprov PASI Sulsel untuk menentukan. Namun kami tentu berharap seluruh atlet dapat diakomodir karena punya potensi," ujarnya. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024