Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, resmi perkenalkan wubsite dan ruang perekaman e-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).

Kepala Disdukcapil, Muh Nehru Sagena di Mamuju, Jumat, menyatakan, pelayanan pemberian data maupun informasi terkait pelayanan yang berlangsung di kantornya akan semakin mudah dan cepat dengan diperkenalkannya website ini.

"Webisite ini merupakan subdomain dari website Pemkab Mamuju. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat dan pihak lain untuk mendapatkan data dan informasi terkait pelayanan dari kantor kita," katanya.

Nehru mengatakan, terdapat kolom "Tanya Jawab" pada halaman websitenya, sehingga dapat menjadi media tanya jawab bagi masyarakat dengan pihak Disdukcapil.

"Website tersebut dapat dibuka di alamat ww.disdukcapil.mamujukab.go.id," ujar Nehru.

Secara bersamaan, jajarannya juga meluncurkan Ruang Perekaman KTP-EL.

Hal ini dilaksanakan sejalan dengan undang-undang (UU) Nomor 24 tahun 2013 tentang perekaman dan pencetakan KTP- EL akan didelegasikan dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah.

"Kita di kabupaten sementara menunggu jadwal, kapan secara resmi akan didelegasikan sesuai dengan amanah undang-undang itu," ucapnya.

Nehru memperkirakan dua sampai tiga bulan kedepan undang-undang tersebut akan direalisasikan. Dari itu, pemerintah daerah menyiapkan ruangan perekaman KTP-EL tersendiri.

Bupati Mamuju, Dr H Suhardi Duka, MM mendukung Kepala Disdukcapil yang telah membuat inovasi layanan secara online.

Menurut dia, inovasi tersebut membuka ruang komunikasi yang memudahkan masyarakat juga Pemerintah dalam memberikan pelayanan.

"Kita berikan dukungan kepada Pak Nehru selaku Kepala Disdukcapil atas inovasi yang dibuat pada hari ini. Inovasi seperti ini tidak ada dalam literature kita tetapi merupakan kreatifitas dari masing-masing orang, masing-masing pejabat dan masing-masing pegawai" ucap Bupati.

Terkait pelayanan KTP-EL yang akan diserahkan ke Pemerintah Daerah, Suhardi Duka berharap nantinya penduduk Mamuju seratus persen memiliki KTP.  FC Kuen

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024