Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengguna jasa cuci motor di Kota Makassar melonjak hingga lebih 100 persen menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah.

"Hingga siang ini saja kami sudah melayani lebih dari 80 pelanggan, padahal pada hari normal biasanya hanya sekitar 30 per hari," kata pengelola usaha cuci motor di bilangan Sungai Limboto, Udin di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Menurut Udin, jumlah pelanggannya memang telah melonjak sejak H-3, namun baru pada H-1 ini kenaikannya cukup signifikan.

"Sejak dua hari lalu sudah ramai, namun baru hari ini kami menambah tenaga pencuci motor agar pelanggan tidak terlalu lama menunggu," kata Udin.

Dengan biaya cuci Rp16 ribu hingga Rp20 ribu per motor, Udin mengaku memperoleh omzet lebih dari satu juta per hari.

Hal senada dikatakan oleh pengelola usaha cuci motor di kawasan Vetran Utara Makassar, Immang. Immang mengatakan, rata-rata jumlah pengguna jasa cuci motor naik dua kali lipat jelang Lebaran.

"Biasanya paling banyak hanya 40 motor, tapi mendekati lebaran, rata-rata per hari 70 sampai 80 motor," kata Immang.

Pengguna jasa cuci motor, Sabri mengatakan, sengaja mencuci motor untuk memastikan kendaraannya bersih ketika bersilaturahim pada hari Idul Fitri.

"Besok rencananya mau keliling ke rumah keluarga, kalau motornya bersih dan mengkilap jadi lebih enak dilihat," kata Sabri. S Muryono

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024