Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Barat ikut merespon perubahan rute event Sandeq Race tahun 2014.

"Perubahan etape Sandeq Race mulai dari Makassar dan finish di Mamuju merupakan langkah tepat karena hal ini akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat," kata Anggota Komisi II DPRD Sulbar, Andi Usman di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, perubahan etafe dari Makassar akan berdampak ekonomi karena masyarakat akan berdatangan ke Mamuju.

"Selama ini warga hanya menyaksikan pelepasan Sandeq Race dari Mamuju dan itu tidak berdampak ekonomi karena warga tidak berpikir berlama-lama di Mamuju," kata Andi Usman.

Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan, kemeriahaan Sandeq Race juga akan lebih terasa karena acara puncak dilaksanakan di Mamuju.

Pertimbangan lain atas perubahan rute Sandeq Race kata dia, juga sekaitan puncak peringatan hari ulang tahun Sulbar yang jatuh pada medio September.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sulbar, Madareski Salating menyampaikan, perubahan rute Sandeq Race adalah hal yang pertama dilaksanakan setiap perayaan HUT Kemerdekaan.

"Perubahan rute dengan mengambil star dari Makassar akan memberikan efek ekonomi masyarakat yang ada di Mamuju sekaligus kita ingin semerakkan hari jadi Sulbar," katanya.

Ia mengatakan, perubahan rute ini menjadi tantangan bagi peserta Sandeq Race untuk menaklukkan perairan Selat Makassar.

"Para peserta akan kembali kita uji dengan rute yang berbeda. Kita lihat saja, siapa yang bakal merajai event dari tujuh etape yang bakal dilalui," ucap Madareski. M Yusuf

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024