Makassar (ANTARA Sulsel) - Banten mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Tinju Youth dan Junior, 27 September-1 Oktober 2014.

"Kami telah mendapatkan undangan pelaksanaan Kejurnas Youth Junior di Banten. Kami tentu saja siap ambil bagian dan berharap bisa meraih hasil maksimal," kata Sekretaris Umum Pertina Sulsel Abdi Amahoru, di Makassar, Jumat.

Pada pelaksanaan Kejurnas Junior 2014, pihaknya mengaku siap mengikuti seluruh kategori yang dipertandingkan. Pihaknya juga berharap dukungan penuh khususnya bantuan anggaran dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel.

Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulsel menjelaskan bahwa keterlibatan petinju muda Sulsel di kejurnas diharapkan semakin meningkatkan pengalaman sekaligus mental bertanding seluruh atlet.

"Kami memiliki banyak atlet kategori junior. Kami tentu memiliki harapan besar agar banyak yang diakomodir sehingga menambah pengalaman dan mental bertanding seluruh atlet," katanya.

Ketua Bidang Pertandingan dan Kompetisi PP Pertina John Amanupunyo, sebelumnya mengatakan pihaknya sempat menunggu kesiapan Sumatera Utara (Sumut) untuk menjadi tuan rumah. Jika ternyata tidak siap maka akan dipindahkan ke daerah lain yang juga bersedia.

Pelaksanaan Kejurnas Youth dan Junior 2014 sebelumnya direncanakan digelar di Papua, Juli 2014 namun batal terlaksana.

PP Pertina sebelumnya menyiapkan Bangka Belitung sebagai pengganti. Selain Babel juga ada Kabupaten Dogiyai, Papua. Apalagi kabupaten ini memang berambisi menjadi penyelenggara untuk kejuaraan tinju berstandar nasional.

Pihaknya juga masih terbuka untuk tetap melaksanakannya di Jakarta. Pada pelaksanaan 2013, Kejurnas junior yang memperebutkan Piala Ketua DPR-RI ini digelar di Gelanggang Remaja Rawamangun, Jakarta Timur.

Pada pelaksanaan 2013, kejurnas junior diikuti sebanyak 257 petinju dan ofisial dari 29 provinsi se-Indonesia. Kejurnas itu dibuka secara resmi Ketua DPR-RI yang juga Ketua Dewan Kehormatan/Pembina PP Pertina, Marzuki Alie.

"Kejurnas junior ini merupakan salah satu ajang bergengsi sehingga kita optimistis ada yang ingin menjadi tuan rumah. Meskipun banyak daerah alternaatif namun kami tetap akan menunggu kepastian dari Provinsi Sumut," ujarnya beberapa waktu lalu. N Juliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024