Makassar (ANTARA Sulsel) - PT Telkomsel merajai jaringan telepon selular di acara Sail Raja Ampat, Papua, yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dimana operarator itu mengaku ditunjuk langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Kami adalah satu-satunya penyedia layanan jasa selular yang ditunjuk langsung oleh Kominfo pada acara Sail Raja Ampat ini, apalagi dalam kegiatan itu akan dihadiri Presiden SBY," jelas Executive Vice President Area Pamasuka, Bona LP Parapat di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, penyelenggaraan Sail Raja Ampat ini merupakan tahun keenam sejak dimulai pada 2009 dimana dalam acara yang terkenal dengan panorama lautnya juga akan dihadiri oleh ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.

Untuk memberikan jaringan selular yang handal baik dari sisi voice atau panggilan suara dan data, Telkomsel melakukan menambahan kapasitas jaringan guna memberikan kenyamanan komunikasi.

Selain sebagai penyedia jaringan selular, Telkomsel juga berperan aktif menyediakan pusat layanan dan informasi, serta melakukan publikasi dan promosi wisata.

Dia menyebutkan jika sampai saat ini, jumlah pelanggan Telkomsel di Kepulauan Raja Ampat telah mencapai lebih dari 200 ribu pelanggan. Sebelum kegiatan nasional ini dilaksanakan, Telkomsel telah memiliki 8 BTS yang telah melayani kepulauan Raja Ampat dari tahun 2005.

Sebagai operator Paling Indonesia dan demi mensukseskan kegiatan Sail yang merupakan event internasional tahunan pemerintah Indonesia, Telkomsel telah menambah 11 titik BTS untuk menjangkau seluruh wilayah Raja Ampat.

Sehingga secara keseluruhan Telkomsel telah memiliki 19 BTS yang terdiri dari 10 BTS 3G dan 9 BTS 2G yang mampu melayanani komunikasi selular masyarakat Raja Ampat.

Acara Sail Raja Ampat itu terpusat di pantai WTC Waisai. Diperkirakan jumlah pengunjung yang akan menyaksikan langsung acara ini mencapai angka 5.000 pengunjung.

"Memberikan akses layanan data dengan kecepatan maksimal di lokasi ini, Telkomsel menempatkan 6 titik mobile combat untuk mempelancar komunikasi data pelanggan dengan kecepatan hingga 5 Mbps. Selain di pantai WTC, jalur jalur VIP yang dilalui presiden dan tamu negara, Telkomsel juga menempatkan 4 Mobile combat di Pelabuhan Waisai, Mansuar, Rumah Jabatan Bupati dan Perumahan 100 Waisai," katanya.

Bona mengaku, sebagai pusat transportasi udara di bandara Dominie Eduard Osok (DEO) Sorong dan transportasi laut di pelabuhan Rakyat Sorong dan Pelabuhan Usaha Mina, Telkomsel juga melakukan optimalisasi jaringan dengan menambah kapasitas disemua titik BTS di Pelabuhan Rakyat Sorong

"Telkomsel adalah satu-satunya operator selular yang melayani wilayah Raja Ampat. Untuk itu Telkomsel perlu melakukan optimalisasi untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang mungkin terjadi karena banyaknya pengunjung yang akan datang pada acara akbar ini," sebutnya.

Raja Ampat merupakan salah satu wilayah Branch Sorong, daerah lain yang menjadi wilayah Branch Sorong adalah Fak Fak, Biak, Serui, Wondama, Manokwari dan Bintuni. Didaerah ini Telkomsel telah melayani lebih dari 900 ribu pelanggan dengan didukung lebih dari 400 BTS yang tersebar di seluruh daerah hingga kepelosok desa. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024