Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet sepak takraw putri Sulawesi Selatan Hasmawati yang merupakan atlet SEA Games Myanmar dipanggil untuk memperkuat timnas menghadapi Asian Games di Incheon, Korea Selatan, 19 September-4 Oktober 2014.

Sekretaris Umum PSTI Sulsel Saleh Gottang di Makassar, Jumat, mengatakan sudah menerima permintaan dari PB PSTI agar Hasmawati segera bergabung bersama tim pelatnas di Jakarta.

Hasmawati akan mengisi satu kuota tambahan yang diberikan setelah keberhasilan tim putri meraih perak dan perunggu Kings Cup Thailand 2014.

"Pemanggilan Hasmawati untuk mengisi kuota tambahan yang diberikan satlak prima bagi tim sepak takraw putri. Kami tentu bersyukur sekaligus bangga karena semakin banyak menyumbangkan atlet bagi timnas Asian Games," jelasnya.

Pengprov Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Sulsel sebelumnya telah menyumbangkan empat atlet terbaiknya memperkuat timnas Asian Games 2014 masing-masing Firmansyah, Muhammad Ridwan, Jumasiah, dan Kusnelia.

Keempat atlet Sulsel itu juga menjadi bagian dari timnas yang berhasil merebut satu medali perak dan empat perunggu di Kejuaraan internasional Kings Cup di Bangkok, Thailand, 4-12 Agustus 2014.

"Kami berharap Hasmawati bisa lebih cepat beradaptasi dengan atlet yang sudah lama bergabung di pelatnas. Hasmawati juga punya pengalaman tampil di kejuaraan internasional sehingga memang layak masuk skuad," katanya.

Pelatih Sepak Takraw Indonesia Muhammad Amkar, mengatakan tim sepak takraw putri Indonesia dipastikan tetap diberangkatkan menuju Asian Games Korea Selatan 2014 setelah berhasil merebut satu perak dan perunggu di Thailand.

Menurut dia, tim putri pada awalnya memang belum bisa dipastikan tampil di Asian Games sebelum membuktikan kualitasnya saat berlaga di Kings Cup Thailand 2014.

Selain kepastian tampil di Asian Games 2014, tim putri juga mendapatkan satu tambahan atlet sehingga menjadi 11 atlet. Sedangkan untuk tim putra, kata dia, tetap akan berkekuatan sebanyak 12 atlet yang juga sudah tampil di Kings Cup 2014.

"Kami dengar pihak satlak prima memberikan satu kuota tambahan atlet putri sehingga menjadi 11 atlet. Dengan tambahan satu putri membuat jumlahnya menjadi 23 atlet. Saya kira cabang takraw untuk kali ini menjadi penyumbang terbanyak setelah sebelumnya ditempati dayung," ujarnya. N Juliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024