Makassar (ANTARA Sulsel) - Harga sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar tradisional di Kota Makassar kembali normal bahkan beberapa jenis sembako mengalami penurunan.

"Telur ayam yang dijual Rp29 ribu per rak pekan lalu, kini sisa Rp28 ribu per rak, sedang beras medium yang dijual Rp6.800 per kilogram dijual Rp6.500 per kg," kata salah seorang pedagang M Nasri di Pasar Pannampu, Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, turunnya harga dua jenis sembako itu, karena saat ini pasokan sudah berlimpah dari sejumlah sentra produksi seperti Kabupaten Pinrang dan Sidrap.

Hal tersebut dibenarkan pedagang lainnya di Pasar Terong, Makassar H Sanusi.

Menurut dia, pasokan yang melimpah menurunkan harga telur dan beras. Penurunan harga sembako itu, juga diikuti penurunan harga jenis bumbu dapur dan sayur-mayur.

Sebagai gambaran, harga bawang merah yang sebelumnya Rp25 ribu per kg kini dijual rata-rata Rp20 ribu per kg, sedang bawang putih yang dijual Rp18 ribu per kg turun menjadi Rp12 ribu per kg.

Sedang wortel yang pekan lalu masih dijual Rp9 ribu per kg, kini dijual Rp6 ribu per kg. Sementara tomat buah dijual Rp10 ribu per kg dari harga Rp12 ribu per kg dantomat sayur dijual Rp12 ribu per kg dari harga Rp15 ribu per kg.

"Pasokan sayur-mayur dari Malino, Kabupaten Gowa dan dari Kelara, Kabupaten Jeneponto cukup banyak, sehingga memicu harga turun," katanya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024