Makassar (ANTARA Sulsel) - Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di Sulawesi Selatan mendapat peranan penting di lembaga legislasi dengan menduduki jabatan unsur pimpinan dewan dan fraksi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Sulsel, Syamsul Bahri Sirajuddin, di Makassar, Minggu, mengatakan, penentuan politisi perempuan dalam menduduki di DPRD baik Sulsel maupun kabupaten dan kota itu ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem.

"Partai Nasdem memang baru dan diawal keikutsertaannya dalam pemilu legislatif maupun presiden ini cukup berhasil. Sedangkan penentuan wanita dalam parlemen itu karena memang salah satu visi dari partai ini adalah memberikan kesetaraan," ujarnya.

Dia menyebutkan, beberapa politisi perempuan Nasdem yang mampu meraih jabatan dalam struktur lembaga legislasi itu diantaranya, Andi Rachmatika Dewi diputuskan menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Sulsel.

Di DPRD Kota Makassar ada Indira Mulyasari Paramastuti yang berhasil menyabet kursi Wakil Ketua DPRD dengan menyisihkan beberapa legislator pria lainnya.

Di tingkat kabupaten masih ada Sitti Aminah Syam yang menjadi Sekretaris Fraksi Nasdem di DPRD Bulukumba, kemudian di Tana Toraja ada B Palamba yang juga menjabat Sekretaris Fraksi Nasdem.

DPRD Jeneponto, Sekretaris Fraksi Nur Ilma Riayanda, di DPRD Kabupaten Bone ada Suharni dan DPRD Palopo ada Hasrianti. Hanya saja, untuk Palopo membentuk fraksi gabungan dengan Partai Hanura.

"Semuanya itu diputuskan oleh DPP karena kita hanya mengusulkan nama-namanya dan hasil tim verifikasi di Nasdem itu menunjuk mereka menduduki alat kelengkapan dewan itu," katanya.

Sementara itu Ketua DPW Nasdem Sulsel, Mubyl Handaling menyatakan jika peran gender dalam partai politik sangat penting, bukan hanya sebagai pemenuhan kuota melainkan kemampuan politisi perempuan dalam menciptakan tatanan demokrasi.

Selain itu dia menyebutkan jika peran perempuan dalam partainya akan sangat berguna, apalagi sebagai partai baru yang mengusung suatu perubahan atau restorasi disemua bidang. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024