Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 3.639 atlet dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel akan bersaing menjadi yang terbaik dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV dan Pekan Paralimpik Provinsi(Peparprov) III di Kabupaten Bantaeng, 9-16 September 2014.

Sekretaris Panitia Lokal Porda Nur Alim Ilyas, saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan, total jumlah itu terdiri dari 3.361 atlet Porda dan sisanya sebanyak 278 atlet akan berlaga di ajang yang sebelumnya bernama Pekan Olahraga Cacat Daerah (Porcada) tersebut.

"Jumlah atlet itu sesuai daftar `by name` dan `by number` yang masuk ke panitia. Seluruh atlet akan tampil di 25 cabang Porda dan lima cabang di peparprov," katanya.

Sementara untuk ofisial tim dari 24 kabupaten/kota di Sulsel melibatkan sebanyak 1.709 (Porda) dan 54 ofisial dan pelatih dari ajang Peparprov.

Seluruh atlet Porda, kata dia, akan memmemperebutkan sebanyak 350 medali emas yang mana medali terbanyak diperebutkan dari cabang renang yakni sebanyak 72 medali. Selain itu adapula cabang judo sebanyak 24 medali serta pencak silat dan senam yang masing-masing menyiapkan sebanyak 22 medali untuk para juara.

Selanjutnya dari cabang kempo (19 emas), balap sepeda (18 emas), dayung (18 emas), atletik (17emas), karate (17 emas), panjat tebing (15 emas), bridge (15 emas) menembak (14 emas), tinju yang memperebutkan sebanyak 13 medali emas," jelasnya.

Selain itu ada pula dari cabang bulu tangkis (9 emas), taekwondo (9 emas) tenis meja (7 emas), tenis lapangan (7 emas), panahan (7 emas), sepak takraw (6 emas), catur (5 emas), voli pasir dan indoor(4 emas) biliar (3 emas) serta bola basket dengan dua medali emas.

"Adapun untuk jumlah medali terkecil yakni dari cabang sepak bola dan futsal masing-masing perebutkan satu medali emas," ujarnya.

Ketua KONI Makassar Agar Jaya mengatakan kontingen Makassar akan diperkuat sebanyak 375 atlet yang terdiri dari 337 atlet putra dan putri Porda XV serta 38 atlet putra dan putri Pepaprov III. Para atlet akan didampingi 73 pelatih, 12 mekanik, serta 23 ofisial.

Seluruh atlet Makassar, lanjut dia, akan tampil dalam 25 cabang olahraga Porda dan lima cabang Pepaprov yang dipertandingkan.

"Dari 375 atlet itu kita targetkan bisa merebut sebanyak 144 medali emas. Kami optimistis kembali menjadi juara umum karena banyak diperkuat atlet potensial Sulsel," katanya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024