Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar tertanggal 28 Agustus 2014 mulai membuka promosi lelang jabatan untuk camat dan lurah dengan semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh tim seleksi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar, Muh Kasim Wahab di Makassar, Rabu, mengatakan, lelang jabatan untuk promosi camat dan lurah hanya akan diprioritaskan bagi kalangan pegawai negeri sipil (PNS) yang mempunyai kompetensi dan keahlian dibidang itu.

Pembukaan promosi lelang jabatan camat dan lurah itu berdasarkan surat bernomor 800/2291/BKD/VIII/2014 yang ditanda tangani Sekretaris Daerah Kota Makassar, Ibrahim Saleh.

Pembukaan dan pendaftaran lelang jabatan, Pemkot Makassar akan dimulai tanggal 28 Agustus sampai dengan 11 September 2014, dimana pendaftar yang memenuhi persyaratan bisa langsung mendaftar secara online di website www.makassarkota.go.id.

Usai mendaftar secara online, peserta diwajibkan untuk melakukan print out hasil pendaftaran dan menyertakannya dalam berkas surat lamaran yang ditulis tangan di atas kertas bermaterai 6.000 dengan melampirkan syarat administrasi yang ditujukan pada `panitia seleksi administrasi promosi terbuka jabatan camat dan lurah melalui BKD Kota Makassar Jalan Jend. Achmad Yani Nomor 2 Makassar.

Dalam berkas itu juga harus melampirkan biodata dan bagi setiap PNS yang mencoba peruntungannya hanya dapat memilih satu jenis jabatan saja serta memasukkan foto warna terbaru ukuran 4x6 berlatar warna merah sebanyak dua lembar.

Sedangkan syarat administrasi untuk jabatan camat yang didaftarkan itu, pendaftar harus berstatus PNS, pangkat penata Tk I golongan ruang III/d fotocopy terlampir, pernah dan atau masih menduduki minimal jabatan struktural Eselon III.b fotocopy terlampir

Syarat pendaftaran camat itu hampir sama dengan jabatan lurah dimana pelamar berstatus PNS, memiliki pangkat penata muda Tk I golongan ruang III/b fotocopy terlampir, minimal berijazah DIII disertai fotocopy terlampir dan usia maksimal 57 tahun.

"Bagi PNS diluar pemerintah kota Makassar yang ingin mencoba peruntungan harus melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari Bupati atau Wali Kota dan surat bebas temuan dari inspektorat setempat," katanya.

Bukan cuma itu, para pelamar yang terpilih juga bersedia bekerja 24 jam yang dituangkan dalam surat pernyataan, mampu mengoperasionalkan komputer minimal aplikasi Office dan Internet, berbadan sehat jasmani dan rohani serta melampirkan keterangan bebas narkoba.

"Ini terbuka umum untuk PNS siapa saja dari Indonesia yang telah mendapat rekomendasi dari bupati dan wali kota setempat," kata Muh Kasim Wahab.

Seleksi administrasi, panitia seleksi melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan dan persyaratan. Selanjutnya panitia seleksi menetapkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi berikutnya.

"Untuk seleksi administrasi itu dari BKD dan Bapperjakat. Sementara untuk pansel sumber daya manusianya itu terdiri dari LAN, akademisi dan profesional.

Mereka yang memberikan bobot nilai, kompetensi camat, lurah, wawasannya, dan termasuk rekam jejaknya Itu nanti diseleksi oleh tim independen setelah itu dikembalikan ke Bapperjakat dan pak wali kota siapa yang jadi camat dan lurah," tuturnya. S Muryono

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024