Makassar (ANTARA Sulsel) - Beberapa saat setelah kebakaran besar yang terjadi di Jalan Sapiria, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto turun langsung ke lokasi melakukan peninjauan dan memberikan semangat kepada warganya yang terkena musibah.

"Sabarki semua, Allah SWT akan memberikan kita semua yang lebih baik. Percayakan semuanya pada Tuhan, tidak ada yang mustahil baginya dan ini ujian darinya," ujarnya ketika menyemangati para korban kebakaran di Jalan Sapiria, Kecamatan Tallo, Makassar, Jumat.

Dalam kunjungannya ia terlihat berkeliling guna menyaksikan langsung kondisi pemukiman di atas tanah seluas satu hektare ini sembari memberi semangat kepada ratusan korban kebakaran yang ditemuinya.

Kebakaran yang terjadi di siang hari dan berlangsung selama dua jam lebih itu telah menghanguskan sekitar 195 rumah yang dihuni oleh 296 kepala keluarga (KK) serta 1.193 jiwa.

Meskipun dalam kebakaran hebat itu telah meluluhlantahkan ratusan rumah, namun dirinya juga mengucap syukur karena tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Danny sapaan akrab wali kota ini sendiri menaksir kerugian materil yang diakibatkan dalam kebakaran itu mencapai miliaran rupiah karena banyaknya rumah penduduk yang terbakar hangus sampai menjadi puing-puing.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran besar yang telah terjadi selama dua kali di tempat ini. Akan tetapi kondisi perumahan yang cukup padat serta kondisi jalan sempit menyulitkan pemadam kebakaran untuk segera mengantisipasi kebakaran ini.

"Kita tidak menginginkan kejadian ini terjadi lagi untuk ketiga kalinya, karenanya biarkan dulu masyarakat tenang dan selanjutnya saya akan memikirkan solusi terbaik untuk menata pemukiman ini lebih layak," katanya.

Hal lain yang menjadi tinjauan wali kota di tempat itu yakni untuk mengecek standarisai bencana yang telah dilaksanakan seperti fungsi sekolah dan survei logistik.

Tujuan keduanya, yakni tidak diinginkannya kebakaran kesekian kalinya terjadi secara berulang-ulang sehingga dirasa perlu untuk memikirkan solusinya.

"Kalau seperti ini terus modelnya ini sama saja bunuh diri, makanya perlu dipikirkan solusinya. Kita semua tidak menginginkan ada kebakaran lagi dan ini harus dipikirkan bersama," tambah Danny.

Camat Tallo, Hasan Sulaiman, beberapa fasilitas dan bantuan sudah dikordinasikan kepada pihak terkait. Kebutuhan mendesak warga yakni, air bersih, dapur umum dan obat-obatan termasuk tenda penampungan telah disiapkan di SD Barayya. S Muryono

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024