Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Sulawesi Selatan menyiapkan atlet terbaiknya mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Layar kategori double handed yang direncanakan di Surabaya, Jawa Timur, Desember 2014.

Ketua Harian Porlasi Sulsel Basri di Makassar, Minggu, mengatakan pada kejurnas itu Sulsel merencanakan tampil pada nomor seperti class int 470 putra dan putri.

Pihaknya berharap keinginan tampil di kejurnas mendapat rekomendasi KONI Sulsel.

"Jika anggaran terbatas maka kita akan memprioritaskan memberangkatkan atlet putra. Untuk class int 470 putra tetap akan diperkuat pasangan Murhadi dan Ismail," kata Wakil Bidang pembinaan Prestasi PB Porlasi tersebut.

Pelaksanaan Kejurnas Surabaya, kata dia, merupakan kelanjutan dari ajang The 1st Merdeka International Open Regatta dan Kejurnas Single Handed di Pantai Karnaval Ancol Jakarta, 15-17 Agustus 2014.

"Ajang ini penting untuk mengukur potensi atlet dan kekuatan calon lawan yang akan menjadi saingan kita di Pra PON 2015 ataupun PON Jabar 2016. Kami saat ini terus fokus mematangkan kemampuan agar bisa bersaing dan meraih prestasi," katanya.

Sementara saat berlaga di ajang Merdeka Internasional dan Kejurnas 2014, kontingen Sulawesi Selatan merebut posisi juara umum setelah sukses meraih dua medali emas, dua perak dan satu medali perunggu.

Dua medali emas Sulsel dipersembahkan Dandy Munawaran dikelas layar optimis. Sedangkan untuk perak diraih dari cabang selancar angin melalui Ramadhan Syarief, dan Rika Riawan serta Reski Riawan dengan medali perunggu.

Mengenai keberhasilan Dandy meraih dua medali emas pada kejuaraan yang khusus menyambut hari kemerdekaan itu, pihaknya mengaku sudah sesuai harapan. Apalagi Dandy juga telah membuktikan kualitasnya setelah berhasil menempati posisi ketiga pada seleksi nasional (Seleknas) di Batam, 25-28 April 2014.

"Keberhasilan kita sebagai juara umum di ajang sebelumnya di Jakarta diharapkan memberikan motivasi tambahan bagi atlet. Atlet kita Ismail dan Murhadi juga memiliki pengalaman baik di tingkat nasinal hingga internasional," ujarnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir mengatakan cabang layar dan selancar angin memang tetap menjadi olahraga unggulan Sulsel dalam meraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016. Rolex Malaha

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024