Makassar, 1/9 (Antara) - Pemerintah Kota Makassar akan menggelar parade budaya pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-407 Kota Makassar, November 2014, dan semua etnis yang bermukim di kota ini akan dilibatkan.

"Tahun ini, kita akan memperingati HUT Kota Makassar dengan meriah dan tanpa meninggalkan identitas kita sebagai orang Sulsel. Tetapi, HUT kali ini akan jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," ujar Sekretaris Daerah Kota Makassar, Ibrahim Saleh di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, kepastian melibatkan semua etnis dalam HUT Makassar itu didapat setelah perwakilan etnis seperti Tionghoa, Cina dan Arab bersepakat dengan panitia yang akan menggelar kirab atau parade budaya tersebut.

Pada festival budaya itu juga, selain menampilkan dalam kirab juga akan menghadirkan pawai kendaraan hias yang mengangkat tema Budaya Makassar yang dikaitkan dengan tagline I Love MC (Makassar City).

Kirab akan digelar pada tanggal 9 November 2014 dengan mengambil rute start di Lapangan Karebosi - Sudirman - Haji Bau dan berakhir di pelataran Pantai Losari.

Ibrahim juga mengatakan, seluruh lapisan masyarakat akan disuguhi tontonan dan atraksi budaya yang berskala besar. Hal ini, bertujuan untuk menumbuhkan kembali kecintaan warga kota akan tradisi dan budaya daerahnya.

"Skala kegiatan dirancang spektakuler dengan maksud sebagai `refresh` akan kecintaan warga kota pada Makassar, sekaligus menjadi ajang promosi budaya bagi kunjungan wisata serta mengenalkan potensi daerah bagi pihak luar yang akan kita undang nanti," kata Ibrahim.

Peserta yang akan memeriahkan kegiatan selain dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkot, Camat dan Lurah, pihak swasta, pelajar SMA, SMK dan SMP, UKM Seni berbagai universitas dan berbagai komunitas yang ada di Makassar.

Selain kirab dan parade budaya, kegiatan lain yang akan digelar yakni bazaar akbar selama tiga hari, dimulai Jumat - Minggu (7-9 November), lomba cipta lagu daerah pada 7 November, lomba baju adat dan tari daerah pada 8 November serta puncak acara pada 9 November malam dengan gelaran Pesta rakyat di pelataran pantai Losari dan tanggal 9 November, pukul 19 hingga selesai.

Even organizer Double Helix, Ical yang menangani kegiatan Festival Budaya Makassar mengatakan, rangkaian acara akan digelar 7-9 November malam yang akan melibatkan partisipan berjumlah ribuan.

"Yang paling kita ingin tonjolkan yakni keberagaman dan kekayaan budaya yang berbaur di kota Makassar ini. Sekaligus sambutan bagi pemimpin baru di kota ini," ujar Ical. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024