Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak lima negara termasuk tuan rumah Indonesia dipastikan tampil pada kejuaraan softball "South East Asia Mens Cup Championship" di Makassar, Sulawesi Selatan, 4-6 September 2014.

Sekretaris Umum Perbasasi Sulsel Guntur di Makassar, Selasa, selain Indonesia yang menurunkan dua tim yaitu A dan B juga ada tim Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Tim dari luar negeri direncanakan tiba di Makasar pada Rabu (3/9). Sesuai konfirmasi tim Sofbol Singapura akan tiba pada pukul 15.00 Wita. Sedangkan tiga tim lain yakni Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam dijadwalkan tiba pada malam harinya.

"Timnas Indonesia A yang akan sejauh ini fokus berlatih di Jakarta justru sudah berada di Makassar hari ini. Sedangkan timnas Indonesia B yang mayoritas diperkuat atlet Sulsel sudah menjalani pelatnas di Makassar sejak 16 Agustus 2014," jelasnya.

Seluruh kontingen dari lima negara akan mengikuti pembukaan yang digelar di Lapangan Sofbol Center Of Poin Indonesia (CPI) Makassar, 4 September 2014.

Kejuaraan sofbol ASEAN menurut rencana dibuja Gubernur Sulawesi Selatan Syharul Yasin Limpo yang ditunjuk mengantikan Menpora yang berhalangan hadir karena jadwal padat.

"Kita berharap tim yang berlaga menyuguhkan pertandingan terbaiknya sehingga menarik untuk ditonton. Kami tetap yakin bahwa persaingan akan ketat karena mempertemukan atlet terbaik dari sejumlah negara," katanya.

Asisten Manajer Timnas Indonesia B ini juga menjelaskan bahwa khusus timnya menargetkan menembus babak final kejuaraan ASEAN yang pertama di Makassar tersebut.

Pihaknya, lanjut dia, juga optimistis bisa mencapai target dengan persiapan dan kualitas atlet yang maksimal. Pihaknya juga berharap status sebagai tuan rumah akan membuat atlet semakin termotivasi.

"Timnas Indonesia B saat ini terus mematangkan persiapan di Makassar sejak pertengahan Agustus 2014. Tim pelatih juga terus berupaya meningkatkan kekompakan seluruh atlet agar lebih siap saat pertandingan nanti," ujarnya.

Menghadapi kejuaraan ASEAN 2014, tim Indonesia B akan diperkuat sebanyak 16 atlet yang mana 11 diantaranya merupakan atlet Sulsel. Adapun atlet lainnya berasal dari sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Timur.

"Dukungan masyarakat terhadap seluruh atlet tentu akan membuat motivasi atlet semakin meningkat. Untuk melaju kebabak final memang bukan perkara mudah namun kita memiliki peluang besar karena dukungan sejumlah faktor," katanya. H Wahyudono

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024