Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Atlet pelatnas SEA Games 2015 Lismawati Illang, akan turun memperkuat Kota Palopo pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV Bantaeng, Sulsel, 9-16 September 2014.

"Lismawati akan memperkuat Palopo di Porda Bantaeng. Meski berstatus atlet pelatnas namun tetap bisa tampil karena usianya masih memenuhi dibawah 23 tahun," kata Pelatih Atletik Sulsel Danil Lius di Bantaeng, Senin.

Untuk bisa berlaga di ajang olahraga se-Sulsel tersebut, kata dia, Kota Palopo meminta izin ke Pelatnas sehingga kehadirannya juga sudah mendapat restu dari pelatnas.

"Daerah yang lain tetu tidak bisa melakukan protes karena Lismawati sudah memenuhi segala persyaratan yang dibebakan. Saya kira pelatnas juga tidak akan memberikan izin jika memang dinilai bermasalah," jelasnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan keterlibatan atlet peraih emas Kejurnas Senior Jakarta 2014 tersebut tetap sah karena tidak melanggar aturan dalam pelaksanaan Porda.

Mengenai status apakah sah atau tidak atlet pelatnas tampil diajang Porda juga tergantung keputusan dari Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulsel. Artinya keterlibatan Lismawati memang sudah mendapatkan restu dari pengurus.

Terkait tujuan pelaksanaan Porda untuk mencari bibit atlet yang dapat memperkuat Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasional, dirinya mengaku jika penjaringan Porda bukan hanya berlaku bagi atlet juara namun juga atlet muda yang lain.

"Porda itu bukan hanya untuk para juara namun seluruh atlet yang terlibat. Intinya jika pengprov cabang olahraga yang bersangkutan memberikan rekomendasi maka tidak ada masalah," kata Mantan Sekretaris Umum IPSI Sulsel tersebut.

Sebelumnya, Lismawati yang tampil memperkuat Sulsel berhasil mempertahankan prestasinya sebagai pemegang medali emas nomor 800 meter putri di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Senior Jakarta, 19-23 Agustus 2014.

Lismawati sukses menjadi yang terbaik setelah mengungguli pesaing beratnya sesama atlet pelatnas SEA Games 2015 Aprilia asal Sumbar serta pelari asal Jawa Barat yang berada diposisi ketiga.

Lismawati sukses mencatatkan waktu tercepat 2 menit 13 detik. Keberhasilan ini sekaligus mempertahankan pencapainnya dinomor yang sama pada Kejurnas 2013. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024