Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Tim renang Kota Makassar hingga Sabtu, berhasil mengumpulkan enam medali emas cabang olahraga renang Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) III di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, 9-16 September 2014.

Enam medali emas Makassar dipersembahkan Nadila (gaya bebas tuna rungu putri 50 meter dan gaya dada tuna rungu putri 50 meter), Muhammad Iksan (gaya bebas tuna rungu putra 100 meter), Apollo (gaya punggung tuna daksa lower putra 50 meter).

Adapula Muhammad Adam Malik dengan tiga medali emas dari gaya punggung tuna rungu putra 50 meter, gaya dada tuna rungu putra 50 meter dan gaya bebas tuna rungu putra 50 meter.

Selain perolehan medali emas, tim renang Makassar juga berhasil merebut dua perak yang diraih Apollo (gaya dada tuna daksa lower putra 50 meter), serta Muhammad Iksan yang turun di nomor gaya punggung tuna netra 50 meter.

Ketua KONI Makassar Agar Jaya mengatakan, Pemkot Makassar menyiapkan bonus sebesar Rp6 Juta bagi atlet peraih medali emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV dan Pekan Paralimpik Provinsi (Pepaprov) III di Bantaeng, Sulsel, 9-16 September 2014.

Jumlah bonus yang akan diberikan mengalami kenaikan dua hingga tiga kali lipat dari yang diperoleh atlet pada Porda Pangkep 2010.

"Untuk atlet Porda mengalami peningkatan dua kali lipat dan atlet pepaprov sebanyak tiga kali lipat. Pada pelaksanaan Porda 2014 ini memang nilainya disamakan antara atlet Porda dan Pepaprov atau yang sebelumnya masih Porcada," katanya.

Pada penyelenggaraan Porda Pangkep 2010, Kota Makassar memberikan bonus sebesar Rp3 Juta bagi peraih medali emas. Sedangkan untuk ajang pepaprov yang digelar bersamaan diberikan bonus sebesar Rp2 juta bagi atlet paralimpik.

Menurut dia, bonus tersebut memang hanya untuk atlet peraih emas nomor perorangan. Adapun untuk kategori beregu, pihaknya akan memberikan sebesar Rp4 Juta. Peraih perak akan mendapatkan Rp3 Juta (perorangan) dan Rp2 Juta untuk beregu.

Begitupun dengan perolehan medali perunggu dengan memberikan sebanyak Rp2 Juta untuk perorangan dan Rp1,5 Juta untuk beregu. FC Kuen

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024