Makassar (ANTARA Sulsel) - Puluhan kios di Pasar Hartaco, Jalan Daeng Tata Makassar ludes dilalap si jago merah saat warga sudah mulai terlelap digelapnya malam.

Kebakaran yang terjadi Selasa malam sekitar pukul 23.00 WITA itu membuyarkan lelapnya warga yang sedang beristirahat dan ratusan warga lainnya yang berada di sekitar kejadian berlarian untuk memadamkan api yang mulai berkobar.

Naldy salah satu warga Komplek Hartaco mengatakan jika sumber api diduga berasal dari salah satu kios saat sudah tidak ada aktivitas lagi di pasar tersebut.

"Saya tinggal di dalam Kompleks Hartaco dan pulang kerja biasanya jam delapan malam. Lebih dari sejam saya berada di rumah, api kemudian terlihat dan terlihat api itu berasal dari salah satu kios," ujarnya.

Diperkirakan dari kebakaran yang terjadi pada malam hari tersebut lebih dari 100 kios dan rumah toko terbakar karena banyaknya lods maupun kios yang berderet.

Dinas Pemadam Kebakaran Makassar menerjunkan seluruh armadanya untuk memadamkan api yang sedang berkobar.

Hingga melewati pergantian waktu, petugas masih sibuk memadamkan api.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang juga sudah beristirahat kembali turun langsung melihat bencana kebakaran yang menimpa warganya itu.

Kebakaran itu juga tidak terlalu jauh dari kediaman pribadi Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal di Puri Tata Indah yang sedang menunaikan ibadah haji.

Menurut penuturan warga "keajaiban" terjadi di salah satu lods dimana ada salah satu rumah yang tidak tersentuh api karena pemiliknya fokus melafalkan adzan dan membaca surah-surah Al-Quran.

Padahal rumah atau lods yang berlantai dua itu menjual gas dan berderet tabung gas berisi 3 Kg dan 12 Kg di dalam rukonya itu.

Sebelumnya, empat bulan lalu, kebakaran hebat juga terjadi di Pasar Sentral Makassar Mal yang menghanguskan lods, kios dan ruko lainnya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024