Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat mengaku bangga karena terdapat orang asing mengikuti lomba perahu tradisional "Sandeq Race" yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-10 Sulbar yang jatuh pada 22 September 2014.

"Pemerintah di Sulbar bangga karena terdapat orang asing dari negara Prancis dan Kroasia merasakan dan ikut lomba `Sandeq Race` yang digelar memperingati HUT ke-10 Sulbar," kata Gubernur Sulbar saat menerima peserta sandeq race di rumah adat Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, orang asing yang ikut lomba "Sandeq Race" tanpa diajak pemerintah tetapi mereka ingin mengetahui secara sendiri-sendiri mengenai kekayaan maritim masyarakat Sulbar.

"Mereka penasaran dengan kekayaan maritim Sulbar seperti perahu Sandeq yang diperlombakan ini, makanya mereka datang ke Indonesia dan ikut lomba `Sandeq Race` di Sulbar," katanya.

Menurut Gubernur, orang asing yang ikut lomba perahu Sandeq mengakui keberanian pelaut Sulbar karena dengan kapal yang tidak begitu besar mampu melakukan perjalanan jauh.

"Inilah kekayaan maritim kita yang membuat bangga, dan ini harus terus diperkenalkan sebagai kekayaan bahari Sulbar, dipentas nasional, agar mampu menjadi ajang nasional," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar akan terus mengembangkan lomba perahu sandeq tersebut agar Sulbar juga terus dikenal sebagai daerah yang kaya akan budaya maritim.

Lomba sandeq race digelar selama 11 hari yakni dari 10 September sampai 20 September 2014 diikuti 24 peserta.

Lomba Sandeq Race yang menempuh rute pesisir pantai Sulawesi dibagi dalam tujuh etape diantaranya dari Makassar, Barru, Ujung Lero Kota Pare-Pare, Polewali, Majene, Sendana dan Mamuju. FC Kuen

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024