Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan akan menggelar kejuaraan terbuka kelompok umur (KU) di kolam renang Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Sulsel, 7-9 November 2014.

Ketua Harian PRSI Sulsel Abdul Muin di Makassar, Sulsel, Senin, mengatakan, kejuaraan ini mempertandingkan sejumlah nomor diantaranya gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas untuk putra dan putri.

"Kejuaraan ini bersifat terbuka sehingga bsa diikuti atlet manapun sesuai batasan usia yang dipersyaratkan. Kita juga berharap dukungan seluruh pihak agar pelaksanaan kejuaraan ini bisa berjalan sukses," jelasnya.

Untuk menyukseskan pelaksanaan, Pengprov PRSI Sulsel juga sekaligus mengundang sejumlah daerah seperti Kaltim, Kalsel, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorotalo dan 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Pelaksanaan kejuaraan ini, kata dia, diharapkan semakin meningkatkan motivasi atlet khususnya dari Sulsel. Kejuaraan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang mencari pengalaman bagi seluruh atlet muda Sulsel yang memiliki potensi.

"Kejuaraan ini penting bagi perkembangan atlet renang Sulsel. Kita memang berupaya untuk menggelar sejumlah kejuaraan sehinggga meningkatkan motivasi atlet dalam berlatih. Apalagi kita tengah ditunggu jadwal penting yakni PON Remaja 2014," katanya.

Selain kejuaraan terbuka, PRSI Sulsel sebelumnya juga telah menggelar Kejuaraan Renang Antar perkumpulan Daerah (KRAPDA) di Kolam Renang Mattoanging Makassar, 4-6 April 2014

Pelaksanaan KRAPDA 2014 sengaja digelar sebagai ajang seleksi untuk menghadapi Kejurnas Kelompok Umum (KU) Jakarta, Mei 2014.

Ketua Bidang pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, juga berharap dengan kejuaraan yang lebih intens akan membuat kualitas atlet semakin teruji. KONI Sulsel juga berharap dengan program pembinaan yang cukup merata di Sulsel akan mendatangkan prestasi bagi Sulsel baik diajang nasional hingga internasional.

Menurut dia, renang tetap menjadi cabang olahraga andalan Sulsel di PON Jabar 2016. Keputusan salah satu atlet potensial Sulsel yakni Muhammad Hamgari untuk pindah dan memperkuat Jatim , tidak mengurangi komitmen PRSI Sulsel untuk mencetak atlet.

"Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kejuaraan yang cukup rutin akan membuat kemampuan atlet semakin meningkat dan bisa bersaing dengan atlet lain," ujarnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024