Mamuju (ANTARA Sulbar) - Sebanyak 140 desa tersebar di sejumlah Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat akan mampu menjadi sarana membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) mendorong ekonomi baru bagi masyarakat.

"Sulbar memiliki alam yang akan dapat mendukung investasi karena sebanyak 140 desa di daerah ini mampu menjadi sumber pembangkit PLTMH," kata Pelaksana Tugas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulbar, Amri Eka Sakti di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, PLTMH di Sulbar sangat efektif dikembangkan di desa desa terpencil yang jauh dari jangkauan PLN.

Menurut dia hingga saat ini sudah terdapat 96 desa di Sulbar yang dialiri PLTMH melalui program desa mandiri energi yang dicanangkan pemerintah di Sulbar.

"Dengan adanya desa mandiri energi tersebut maka akan membantu pembangunan di Sulbar mampu menciptakan ekonomi baru bagi masyarakatnya, karena dengan dukungan listrik maka masyarakat mampu mendorong industri ekonomi," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya desa mandiri energi tersebut akan mampu menjadi program pemberantasan kemiskinan di Sulbar karena akan tercipta lapangan ekonomi baru masyarakat memanfaatkan dukungan tenaga listrik.

Ia berharap ada investasi yang mampu mendorong tersedianya PLTMH di wilayah Sulbar untuk mendukung ekonomi dan pembangunan ekonomi daerah. FC Kuen

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024