Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim karate Sulawesi Selatan menyatakan siap bersaing menjadi yang terbaik dalam kejuaraan nasional Piala Mendikbud di Gorontalo, 24-30 November 2014.

Pelatih karate Sulsel Mursalim Badoo di Makassar, Sulsel, Minggu, mengatakan, meski siap berpartisipasi namun pihaknya belum menetapkan atlet yang akan diturunkan karena masih menunggu petunjuk Pengprov Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Sulsel.

"Saya kira Pengprov Forki Sulsel tetap akan menurunkan atlet terbaiknya pada pelaksanaan 2014. Apalagi kita memang selalu rutin berpartisipasi pada setiap pelaksanaan Kejurnas Mendikbud," jelasnya.

Untuk penentuan atlet yang akan memperkuat Sulsel di kejurnas, kata dia, pada umumnya dilakukan melalui seleksi. Pengprov Forki Sulsel akan mengundang seluruh pengcab dan perguruan se-Sulsel untuk mengirimkan atlet terbaiknya mengikuti proses seleksi.

Pelaksanaan seleksi, menurut dia, kemungkinan baru dilaksanakan satu bulan sebelum pelaksanaan. Waktu tersebut dinilai sudah lebih dari cukup untuk mematangkan kemampuan seluruh atlet yang terpilih mewakili Sulsel.

"Kami belum memastikan berapa atlet yang akan mengikuti seleksi dan berapa yang akan terpilih karena masih menunggu petunjuk pengurus. Kami optimistis siapa yang terpilih memang berpotensi memberikan prestasi bagi Sulsel," katanya.

Lebih jauh, tim Sulsel juga tengah mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan nasional Institut Karate-do Nasional (Inkanas) di Jakarta, November 2014.

Pengurus Inkanas Sulsel itu menjelaskan, pihaknya berencana turun pada seluruh nomor pertandingan demi menjaga peluang merebut prestasi maksimal pada ajang tahunan tersebut.

"Kita tentu berharap bisa tampil full tim dan mengikuti sekitar 38 nomor yang pertandingan. NSejumlah atlet yang dinilai punya potensi juga terus fokus mematangkan kemampuan agar bisa bersaing di kejurnas," ujarnya

Mengenai keterlibatan atlet yang lebh banyak pada kejurnas 2014, pihaknya masih akan melihat kemampuan anggaran. Pengurus Inkanas Sulsel juga tetap berencana melakukan seleksi sebelum penentuan atlet yang akan mewakili tim karate Sulsel.

"Saya kira dengan kekuatan atlet yang lebih banyak akan semakin membuka peluang kita berprestasi. Hanya saja untuk kepastiannya tentu harus juga melihat kemampuan dana apakah mencukupi atau tidak," kata pelatih yang rutin menangani timnas Indonesia disejumlah kejuaraaan internasional tersebut. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024