Manado (ANTARA Sulsel) - Sekretariat DPRD Manado mengajukan usulan pimpinan definitif ke Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Harry Sinyo Sarundajang.

"Ketiga partai politik yang kami usulkan sebagai pimpinan dewan definitif tersebut adalah Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Golkar," kata Sekretaris DPRD Manado, Leonard Johny Sondakh di Manado, Selasa.

Leonard mengatakan, Partai Demokrat diusulkan dalam posisi ketua sebab merupakan pengumpul suara terbanyak dalam Pemilu 2014, dan meraih sembilan kursi dari lima daerah pemilihan di DPRD Manado.

"Kemudian PDIP diusulkan dalam posisi sebagai wakil ketua dua, karena menjadi pengumpul suara terbanyak kedua, dan menempatkan enam wakilnya di DPRD Manado," kata Leonard.

Kemudian, menurut Leonard, Partai Golkar diusulkan dalam posisi sebagai wakil ketua dua sebagai pengumpul suara terbanyak ketiga dan menempatkan ima wakilnya di DPRD Manado.

"Jadi kami mengusulkan Royke Anter dari PD, Richard Henry Sualang dari PDIP dan Danny Sondakh di Partai Golkar Manado, sesuai surat keputusan partai yang kami terima pekan ini," kata Leonard.

Leonard mengatakan, pihaknya mengusulkan sesuai dengan tata tertib dari Sekretariat ke Wali Kota Manado lalu diteruskan ke Gubernur Sulawesi Utara, dan tinggal menunggu SK ditandatangani lalu DPRD menggelar pelantikan.

Ia mengatakan, nanti bersamaan dengan paripurna pelantikan ketiga pimpinan definitif DPR tersebut, maka diharapkan pembentukan komisi juga diumumkan, sehingga seluruh agenda DPRD Manado bisa segera berjalan menjelang akhir tahun anggaran.

"Kita semua berharap yang terbaik sehingga nantinya seluruh tugas mereka dapat berjalan dengan baik," katanya.

DPRD Manado memiliki 40 kursi, masing-masing sembilan dimiliki PD, PDIP (enam), Golkar (lima), Gerindra (lima), Hanura (empat), PAN (empat), Nasdem (tiga), PKS (dua), PPP (1) dan PKPI (1). dari 40 anggota dewan, 16 di antaranya adalah petahana dan 24 wajah baru. S. Muryono

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor :
Copyright © ANTARA 2024